MOTIVASI PEGAWAI MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMAAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI KANTOR PT GRESIK MIGAS(PERSERODA)

Rubbah, Naurah Faradillah (2023) MOTIVASI PEGAWAI MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMAAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI KANTOR PT GRESIK MIGAS(PERSERODA). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Skripsi Naurah Faradillah Rubbah (D80185007))
Naurah Faradillah Rubbah_D20185007.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Motivasi menjadi kunci dalam menafsirkan dan melahirkan perbuatan manusia, dalam Islam ini disebut niat dan ibadah. Niat merupakan pendorong utama manusia untuk berbuat dan beramal, sedangkan ibadah adalah tujuan manusia berbuat amal. Jika suatu perbuatan yang didasarkan karena niat beribadah seperti shalat dan bekerja, maka perbuatan tersebut dinilai mempunyai kesucian serta ketaatan.
Fokus penilitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana motivasi pegawai melaksanakan shalat berjamaah dalam meningkatkan kinerja pegawai kantor PT Gresik Migas (Perseroda)? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat motivasi pegawai melaksanakan shalat berjamaah dalam meningkatkan kinerja pegawai kantor PT Gresik Migas (Perseroda)?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui motivasi pegawai melaksanakan shalat berjamaah dalam meningkatkan kinerja pegawai kantor PT Gresik Migas (Perseroda ) 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat motivasi pegawai melaksanakan shalat berjamaah dalam meningkatkan kinerja pegawai kantor PT Gresik Migas (Perseroda).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dapat juga disebut sebagai metode untuk mengumpulkan data kualitatif. Penelitian ini menggunakan taksonomi yang bersifat deskriptif, menganalisis motivasi shalat berjamaah dalam meningkatkan kinerja pegawai PT Gresik Migas (Perseroda). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi pegawai melaksanakan shalat berjamaah dapat meingkatkan kinerja pegawai PT Gresik Migas (Perseroda) secara tidak langsung, karena ketika selesai mengerjakan shalat dan akan kembali kepekerjaan para pegawai merasakan ketenangan jiwa sehingga itu bisa berdampak pada hasil kinerjanya. Selain itu mereka memiliki motivasi shalat berjamaah karena didorong oleh keinginan untuk mendapatkan keridhaan Allah dalam hidupnya sehingga segala urusannya dilancarkan oleh Allah terutama dalam hal pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Naurah Faradillah Rubbah
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:31
Last Modified: 10 Jan 2023 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16780

Actions (login required)

View Item View Item