Strategi coping untuk menanggulangi stres kerja pada pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang

Camelia, Arnetta Dewi (2023) Strategi coping untuk menanggulangi stres kerja pada pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Skripsi Arnetta Dewi Camelia D20185001)
Arnetta Dewi C_D20185001.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Stres kerja merupakan hal yang umum dirasakan oleh tiap pegawai, khususnya pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Stres yang tidak segera diatasi akan memberi dampak yang negatif dan dapat mengganggu kegiatan bekerja sehari-hari. Namun, agar dapat meminimalisir stresnya pegawai harus mempunyai coping yang sesuai agar dapat mengurangi perasaan tertekan akibat pekerjaan yang kompleks dan beragam.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah bentuk stres kerja yang dialami oleh pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang? 2)Bagaimanakah strategi coping yang dilakukan oleh pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang dalam menanggulangi stres kerja?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bentuk stres kerja yang dialami oleh pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. 2) Untuk mengetahui strategi coping yang dilakukan pegwai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, menganalisis gambaran strategi coping untuk menanggulangi stres kerja pada pegawai. Subyek dalam penelitian ini yaitu 4 pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwasanya subjek mengalami stres kerja yang diakibatkan oleh pekerjaan yang kompleks dan beragam. Bentuk stres kerja yang dialami yaitu eustress, distress dan hypostres. Meskipun begitu subjek juga memiliki caranya tersendiri untuk mengatasi stres kerja yang dialaminya menggunakan strategi coping. Strategi coping yang digunakan yaitu problem focused coping diantaranya yaitu convrontative coping, seeking social support dan planful problem solving. Subjek juga menggunakan emotional focused coping diantaranya yaitu self control dan escape avoidance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Arnetta Dewi Camelia
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:34
Last Modified: 10 Jan 2023 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16781

Actions (login required)

View Item View Item