Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Pesantren di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi

mandasyahri, fitria (2022) Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Pesantren di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Manda watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mandasyahri, Fitria, 2022. “Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Pesantren di Madrasah Aliyah Al Amiriyah Blokagung Banyuwangi”. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. St. Rodliyah, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Zainal Abidin, S.Pd, M.Si.

Kata kunci : manajemen mutu pendidikan, Pesantren.
manajemen mutu pendidikan merupakan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan semua aktivitas kerja yang harus diselesaikan untuk mempertahankan mutu yang diinginkan lembaga formal yang berada dibawah naungan pondok pesantren.
Penelitian ini memfokuskan pembahsan pada : (1) Bagaimana perencanaan Mutu Pendidikan berbasis pesantren di MA Al Amiriyah? (2) Bagaimana pelaksanaan Mutu Pendidikan berbasis pesantren di MA Al Amiriyah? (3) Bagaimana evaluasi Mutu Pendidikan berbasis pesantren di MA Al Amiriyah?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan Mutu Pendidikan berbasis pesantren di MA Al Amiriyah. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan Mutu Pendidikan berbasis pesantren di MA Al Amiriyah. (3) Mendeskripsikan evaluasi Mutu Pendidikan berbasis pesantren di MA Al Amiriyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis deskriptif dengan interaktif Miles-Huberman dan Saldana yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member check.
Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan mutu pendidikan berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Al Amiriyah. (a) merumuskan prioritas program diantaranya standar isi, standar kompetensi lulusan, dan standar kualifikasi tenaga pendidik. (b) merumuskan tujuan yang ingin dicapai. (2) pelaksanaan mutu pendidikan berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Al Amiriyah. (a) meningkatkan kualitas guru. (b) pelaksanaan tugas sesui dengan bidang dan fungsi. (3) evaluasi mutu pendidikan berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Al Amiriyah. (a) supervisi program atau kegiatan sekolah (b) laporan pelaksanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Fitria Mandasyahri
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:51
Last Modified: 11 Jan 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16795

Actions (login required)

View Item View Item