Analisis komparatif harga jual nila bertulang dan tidak bertulang di Desa kejayan kecamatan Pujer kabupaten Bondowoso

Mahbub, Muhammad (2023) Analisis komparatif harga jual nila bertulang dan tidak bertulang di Desa kejayan kecamatan Pujer kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MAHBUB fix 4_wm.pdf

Download (3MB)

Abstract

Analisis komparatif adalah suatu pengamatan untuk menemukan persamaan-persamaan atau perbedaan-perbedaan dari dua atau lebih objek. Penelitian seperti ini bisa juga dilakukan pada sebuah objek tetapi dalam kurun waktu yang berbeda. Harga jual adalah menambahkan angka perkiraan laba (markup) pada harga pokok. Markup adalah selisih antara harga jual dan harga pokok produk. Markup biasanya berupa persentase tertentu dari harga pokok produk.
Fokus masalah yang akan peneliti lakukan dalam skripsi ini adalah : (1). Bagaimana perbandingan biaya produksi antara ikan nila bertulang dan tidak bertulang di Desa Kejayan Kabupaten Bondowoso? (2). Bagaimana perbandingan harga penjualan ikan nila bertulang dan tidak bertulang di Desa Kejayan Kabupaten Bondowoso? (3). Bagaimana implikasi penjualan ikan nila bertulang dan tidak bertulang terhadap pendapatan pembudidaya ikan nila di Desa Kejayan Kabupaten Bondowoso?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : (1). Untuk mengetahui perbandingan biaya produksi antara ikan nila bertulang dan tidak bertulang di Desa Kejayan Kabupaten Bondowoso? (2). Untuk mengetahui perbandingan harga penjualan ikan nila bertulang dan tidak bertulang di Desa Kejayan Kabupaten Bondowoso? (3). Untuk mengetahui implikasi penjualan ikan nila bertulang dan tidak bertulang terhadap pendapatan pembudidaya ikan nila di Desa Kejayan Kabupaten Bondowoso?
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan jenis Lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data penelitian menggunakan model deskriptif, untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan yakni : (1) ada perbedaan biaya produksi antara ikan nila bertulang dan ikan nila tidak bertulang, dan terdapat perbedaan cara pengemesan pada ikan nila yang bertulang dan tidak bertulang. (2) terdapat perbedaan harga penjualan antara ikan nila bertulang dan ikan nila tidak bertulang. Pada ikan nila tidak berulang dilakukan proses pencabutan tulang terlebih dahulu sebelum dijual kepada konsumen, hal ini yang membuat ikan nila tidak bertulang menjadi produk yang bernilai tinggi. Dan untuk harganya yaitu, ikan nila bertulang 25.000/kg sedangkan harga ikan nila tidak bertulang 35.000/kg. (3) Implikasi dari penelitian ini sangat jelas terlihat dari penjelasan bapak Muzayyin dan bapak Syukron, dimana beliau menjual produk yang sama tapi perlakuan dan sasaran penjualannya berbeda. Hal ini juga dapat menmbah nilai saing suatu produk yang dijual belikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Mahbub Mahbub
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:30
Last Modified: 11 Jan 2023 01:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item