Pendidikan Perempuan Perspektif Ir. Soekarno dalam Buku Sarinah : Kewajiban Wanita dalam Perjuangan Republik Indonesia

Nafisah, Nurul Aini (2020) Pendidikan Perempuan Perspektif Ir. Soekarno dalam Buku Sarinah : Kewajiban Wanita dalam Perjuangan Republik Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Nurul Aini Nafisah_T20151236.pdf

Download (3MB)

Abstract

dipisahkan dalam kehidupan manusia, baik dalam kehidupan keluarga, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Maju mundurnya suatu bangsa akan ditentukan oleh maju mundurnya pendidikan dari suatu bangsa tersebut. Perempuan dan laki-laki memiliki hak yang sama dalam bidang pendidikan. Tidak ada perbedaan antara kaya dan miskin, jenis kelamin laki-laki maupun perempuan, semua memiliki hak yang sama untuk belajar, belajar merupakan suatu kewajiban oleh Islam atas setiap muslim laki-laki dan perempuan. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: apa saja aspek –aspek pendidikan perempuan dalam buku Sarinah: Kewajiban Wanita dalam Perjuangan Republik Indonesia karya Ir. Soekarno ? Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan aspek-aspek pendidikan perempuan dalam buku Sarinah: Kewajiban Wanita dalam Perjuangan Republik Indonesia karya Ir. Soekarno. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (Library research), yaitu penelitian yang digunakan untuk mempelajari, mendalami, dan mengutip teori-teori atau konsep-konsep dari sejumlah literatur baik buku, jurnal, majalah, koran atau karya tulis lainnya yang relevan dengan topik, fokus atau variabel penelitian. Adapun sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu bukuSarinah: Kewajiban Wanita dalam Perjuangan Republik Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode dokumenter yaitu mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, terutama berupa arsip-arsip dan termasuk juga buku-buku tentang pendapat, teori, dalil/hukum-hukum dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis content (isi), yaitu analisis yang dilakukan untuk mengungkapkan isi sebuah buku yang menggambarkan situasi penulis dan masyarakatnya pada waktu buku itu ditulis. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, yaitu teknik pengumpulan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Hasil penelitian ini adalah aspek –aspek pendidikan perempuan dalam buku Sarinah: Kewajiban Wanita dalam Perjuangan Republik Indonesia karya Ir. Soekarno meliputi : (1) Aspek Pendidikan Fisik Pendidikan fisik penting diberikan kepada perempuan sebab tugas biologisnya menuntut persamaan untuk mengerti dan mempersiapkan dirinya seperti tentang menstruasi, mengandung, melahirkan, menyusui, dll. Dan didalamnya terdapat beberapa fungsi atau peran perempuan dalam keluarga, yaitu : sebagai istri dan teman hidup, sebagai partner seksual, sebagai pengatur rumah tangga, sebagai ibu dari anak-anak dan pendidik. (2) Aspek Pendidikan Intelektual yaitu sudut pandang kehidupan di bidang ilmu pengetahuan, baik dibidang formal atau non formal. Aspek intelektual mengacu pada pengetahuan/kemampuan berfikir manusia. Dengan kematangan intelektual perempuan diharapkan mampu bersikap obyektif dalam segala hal dan mampu menikmati faedah ilmu pengetahuan. (3) Aspek Pendidikan Moral yaitu meliputi moralitas berpakaian, bersikap, serta menjaga kemuliaan dan kehormatannya sebagai perempuan. Aspek pendidikan moral ini sangat penting dalam pendidikan karena akan membentuk sebuah karakter yang baik dalam kepribadian manusia tentang bagaimana bertingkah laku yang baik sesuai norma-norma serta aturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220299 History and Philosophy of Specific Fields not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:50
Last Modified: 25 Mar 2021 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item View Item