EFEKTIVITAS PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MISKIN DI MASA COVID-19 DI DESA KEBONREJO KECAMATAN KALIBARU DI TINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

FITRIATUS, SOLEHA (2023) EFEKTIVITAS PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MISKIN DI MASA COVID-19 DI DESA KEBONREJO KECAMATAN KALIBARU DI TINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FITRIATUS SOLEHA_E20192282.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fitriatus Soleha, Isnadi, S.S, M.PD, 2022: “Efektifitas Penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Miskin Dimasa Covid-19 di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Pemerintah Desa Kebonrejo telah menyalurkan bantuan langsung dari dana desa dengan cukup baik, namun masih terjadi gesekan antara masyarakat dengan pemerintah desa karena penyaluran bantuan dianggap tidak adil dan selektif. Ketua BPD Desa Kebonrejo Abdul Hadi banyak menerima keluhan dari masyarakat saat berkunjung ke tempat tinggalnya, tentang tebang pilih dan nepotisme oleh aparat desa setempat, yang kemudian masuk dalam daftar penerima hibah langsung tunai dari dana desa. sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah.
Fokus penelitian dalam penelitia, berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka fokus masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Efektifitas Penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai Dalam meningkatkan Perekonomian Masyarakat Miskin Dimasa Covid-19 di Desa Kalibaru Kecamatan Kalibaru. 2. Bagaimana Upaya yang dilakukan Desa Kebonrejo dalam Peningkatan Perekonomian masyarakat miskin dimasa covid-19 dalam perspektif ekonomi islam.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk mengetahui efektifitas penyaluran bantuan keuangan langsung dari dana desa kepada ekonomi masyarakat miskin pada masa Covid-19 di Desa Kalibaru Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi, 2. Untuk mengetahui apa yang dilakukan desa Kebonrejo dalam meningkatkan ekonomi masyarakat miskin di masa Covid-19 berdasarkan perspektif ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selain itu untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan Program Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi dapat dikatakan program pemerintah yang sudah efektif, ditandai dengan keberhasilan program, keberhasilan sasaran, Kepuasan masyarakat terhadap program, tingkat input dan outputnya, serta keberhasilan tujuan menyeluruh sudah dirasakan oleh masyarakat, yaitu adanya dampak positif dari program BLT- Dana Desa ini dimana bantuan ini bisa dimanfaatkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan pokok mereka selama masa pandemi sampai sekarang. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa efektivitas program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam membantu perekonomian masyarakat terdampak pandemi Covid-19, telah menerapkan nilai-nilai dasar Ekonimi Islam.

Kata Kunci: Efektifitas Penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai, Meningkatkan Perekonomian, Dimasa Covid-19, Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: fitriatus soleha
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:18
Last Modified: 11 Jan 2023 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16800

Actions (login required)

View Item View Item