Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah Pada BMT UGT Nusantara Capem Tanggul Pasca Pandemi Covid-19

Asmi Dellayatul Latifah, Dewi (2022) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah Pada BMT UGT Nusantara Capem Tanggul Pasca Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi asmi dellayatul latifah_E20171160.pdf
Restricted to Registered users only until 5 April 2025.

Download (4MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan sebuah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberikan arahan kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu. Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh kebanyakan lembaga keuangan bank maupun lembaga keuangan non bank, salah satunya BMT UGT Nusaantara Capem Tanggul. BMT UGT Nusantara Capem Tanggul merupakan lembaga yang cukup maju dan terkenal dikalangan masyarakat di kota Tanggul, dan produk unggulannya pembiayaan murabahah dengan pelayanan yang baik ramah serta sopan santunnya, dan produk dibilang pada prosesnya mudah dan fleksibel. Hal ini dilakukan mempertahankan nasabah dan meminimalisir kendala macet pada pembiayaan murabahah pasca pandemi Covid-19 pada BMT UGT Nusantara Capem Tanggul.
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada BMT UGT Nusantara Capem Tanggul Pasca Pandemi Covid-19.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada BMT UGT Nusantara CapemTanggul Pasca Pandemi Covid-19.
Dalam penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh BMT UGT Nusantara Capem Tanggul dengan menggunakan strategi pemasaran STP yaitu segmentasi melalui penerapan dasar segmentasi, targeting, positioning. Dengan upaya melakukan targeting terhadap nasabah yang memiliki loyalitas tinggi dan melakukan upaya mempersepsikan produk terhadap nasabah dalam bentuk pelayanan yang baik,sopan,santun dan menjalin hubungan baik dalam masyarakat. Sehingga dapat menarik minat nasabah dan membuat nasabah betah dengan pelayanan yang diberikan perusahaan. Serta dioptimalkan melalui bauran pemasaran (marketing mix) 7p produk, harga, tempat, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik. Dengan upaya penyampaian produk yang sudah jelas dan baik, memberikan kualitas baik sesuai dengan harga, melakukan promosi word of mouth, prosedur dalam produk pembiayaan murabahah diupayakan mudah dan fleksibel serta cepat, dalam menghadapi nasabah harus memiliki sikap sopan, santun bisa berkomunikasi dengan baik dan jelas pada setiap karyawan di BMT UGT Nusantara Capem Tanggul.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah, BMT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Dewi Asmi Dellayatul Latifah
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:46
Last Modified: 05 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16802

Actions (login required)

View Item View Item