Strategi Penguatan Ekonomi Digital di Era Pandemi Untuk Meningkatkan Profitabilitas di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember

Siswoyo, Edi (2022) Strategi Penguatan Ekonomi Digital di Era Pandemi Untuk Meningkatkan Profitabilitas di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Edi Siswoyo_E20171186.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Edi Siswoyo, Dr. Siti Masrohatin, S.E., M.M. : Strategi Penguatan Ekonomi Digital Di Era Pandemi Untuk Meningkatkan Profitabilitas Di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember.
Seiring dengan perkembangan startup di Indonesia, banyak pelaku startup yang mengembangkan aplikasi layanan keuangan berbasis teknologi perkembangan industri fintech menjadi semakin beragam, dan tidak hanya pada aplikasi layanan perbankan. Industri fintech di Indonesia berkembang di bidang jasa keuangan pembayaran (payment), pendanaan (funding), perbankan (digital banking), pasar modal (capital market), perasuransian (insurtech), dan jasa pendukung layanan keuangan lainnya (supporting fintech). Saat ini, jumlah penyelenggara fintech di Indonesia paling banyak pada bidang jasa keuangan pembayaran (payment) dan pendanaan (leading).
Fokusmasalahdalampenelitianini: 1) Bagaimana strategi penguatan ekonomi digital di era pandemi covid-19 di BRI kantor cabang Jember? 2) Bagaimana cara meningkatkan profitabilitas dengan penguatan ekonomi digital di BRI kantor cabang Jember?
Tujuanpenelitianini: 1) Untukmengetahui dan menganalisis strategi penguatanekonomi digital di era pandemicovid-19 di BRI kantorcabangJember. 2) Untukmengetahui dan menganalisiscarameningkatkanprofitabilitasdenganpenguatanekonomi digital di BRI kantorcabangJember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposivedenganteknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanadalahpengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulandenganteknikkeabsahan data yang digunakanadalahtriangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Strategi BRI cabangJemberdalampenguatanekonomi digital di era pandemiyakni bank BRI memiliki strategi digital yang canggihsepertiaplikasi BRIMO dan mesin SSB. Produktersebutmemudahkannasabahdalammenjangkaupelayanankarenamemilikifitur yang lengkapdidalamnya. Dalamhalharga BRI sangat terbuka dan transparandalammenentukanharga, karena yangmenentukanhargaadalahpusat.2. Setiaptahunnya BRI Cabang Jemberdalamhal profit mengalamipeningkatan. Hal inidikarenakan BRI Cabang Jemberselalumemunculkan program-program baru yang membantupeningkatan profit dari BRI Cabang Jemberitusendiri.

Kata Kunci: Strategi Ekonomi Digital, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mn Edi Siswoyo
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:03
Last Modified: 11 Jan 2023 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16803

Actions (login required)

View Item View Item