Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

Susanti, Meiliani (2022) Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Watermark Meiliani Susanti T20183029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Meiliani Susanti, 2022: Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Kata kunci: Manajemen Bimbingan dan Konseling, Kinerja Guru

Bimbingan konseling merupakan kegiatan pemberian bantuan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya serta memiliki kepribadian yang baik. Sehingga bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan di setiap lembaga pendidikan. Layanan bimbingan konseling yang berkualitas juga tergantung kinerja guru bimbingan konselingnya, sehingga bisa menghasilkan output yang baik sesuai dengan tujuannya.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: Pertama bagaimana perencanaan manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kinerja guru bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? Kedua bagaimana pelaksanaan manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kinerja guru bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? Ketiga bagaimana evaluasi manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kinerja guru bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember?. Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kinerja guru bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama perencanaan manajemen bimbingan dan konseling meliputi, analisis kebutuhan siswa siswinya dengan cara menyebarkan angket (alat ungkap masalah), lalu membuat program sesuai dengan angket yang banyak presentasenya. Kedua pelaksanaan manajemen bimbingan dan konseling meliputi, mengarahkan siswa siswinya ke perguruan tinggi dan membimbingnya memiliki prestasi yang baik, pelayanan secara individu maupun kelompok, membuat laporan setelah selesai konseling. Ketiga evaluasi manajemen bimbingan dan konseling meliputi, evaluasi tindak lanjut dan evaluasi keberhasilan, dimana evaluasi ini dilakukan setiap bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Perpustakaan Meiliani Susanti
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:59
Last Modified: 11 Jan 2023 01:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16804

Actions (login required)

View Item View Item