Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan (Green Accounting) Pada Pengelolaan Limbah Di Rumah Sakit Daerah Balung

Karunia Susanto, Yesy (2023) Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan (Green Accounting) Pada Pengelolaan Limbah Di Rumah Sakit Daerah Balung. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YESY KARUNIA SUSANTO.pdf

Download (4MB)

Abstract

Akuntansi ikut berperan dalam upaya pelestarian lingkungan, yakni melalui pengungkapan secara sukarela kedalam laporan keuangan terkait biaya lingkungan. Pengelolaan lingkungan rumah sakit secara benar dan berkelanjutan dipergunakan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Limbah rumah sakit yang mengandung bahan aktif beracun dan memungkinkan penyebaran luas penyakit, penanganan serta pengolahan dilakukan dengan cara mengeluarkan biaya agar dapat menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk penanganan dan pengolahan dapat dimanajemen untuk peminimalisiran agar mendapatkan sebuah keuntungan.
Fokus masalah yang diperoleh dari penjelasan tersebut ada dua yakni: 1) Bagaimana penerapan akuntansi lingkungan (green accounting) di Rumah Sakit Daerah Balung?, 2) Apakah kesesuaian pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan lingkungan Rumah Sakit Daerah Balung dengan sesuai dengan konsep yang ada dan mendukung?
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan menganalisis bagaimana instansi mengidentifikasi, mengakui, mengukur, menyajikan, dan mengungkapkan biaya lingkungan terkait dengan proses pengelolaan limbah pada laporan keuangan.Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Daerah Balung. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Data yang diambil melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini meliputi identifikasi, pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan biaya lingkungan pada pengelolaan limbah.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) RSD Balung telah melakukan pengelolaan limbah dengan uji kualitas lingkungan yang baik dan memadai, terbukti dengan tidak adanya biaya kegagalan eksternal yang dikeluarkan dari proses pengelolaan limbah. RSD Balung belum menerapkan akuntansi lingkungan (green accounting) dibuktikan tidak ada laporan biaya lingkungan secara khusus namun masuk kedalam laporan biaya operasional lainnya. 2) RSD Balung telah mengeluarkan biaya mengenai pengelolaan limbah namun belum terklasifikasikan dalam laporan biaya lingkungan secara khusus, pengklasifikasian belum sesuai dengan teori yang ada. RSD Balung mengakui biaya lingkungan pada saat pengeluaran kas pada bendahara maupun saat terjadinya transaksi, pengakuan diakui ke dalam asset dan belanja. Biaya lingkungan disajikan bersamaan dengan akun-akun lain yang sejenis seperti biaya operasional yang disajikan dalam neraca, pengukuran sesuai dengan KDPPLK. RSD Balung sebagai entitas akuntansi dari pemerintah hanya melaporkan dan mengungkapkan kinerja rumah sakit belum mengungkapkan kebijakan catatan atas laporan keuangan, catatan keuangan hanya memuat
ikhtisar pencapaian kinerja keuangan rumah sakit, dan masih dikelompokkan dengan biaya operasional yang lain. serta penyajian dan pengungkapan tidak sesuai dengan konsep yang ada dan mendukung.

Kata Kunci : akuntansi lingkungan, biaya pengelolaan limbah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050204 Environmental Impact Assessment
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Yesy Karunia Susanto
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:26
Last Modified: 11 Jan 2023 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16808

Actions (login required)

View Item View Item