Nilai-nilai Kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA AL-Asy'ary AL-Khoziny Prigen Pasuruan

Shofiya, Ilmiyatus (2022) Nilai-nilai Kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA AL-Asy'ary AL-Khoziny Prigen Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI- Ilmiyatus shofiya- T20183130.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai- nilai kepemimpinan Kharismatik, Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter
Nilai-nilai kepemimpinan kharismatik adalah seorang pemimpin yang memiliki kemampuan dalam mengajar, bersosial dan berkomunikasi dengan baik. Dalam kepemimpinannya mempunyai tiga cici- ciri yang membedakan dirinya dengan orang lain, yaitu: Memiliki rasa percaya diri yang tinggi, memiliki ide dan visi misi yang jelas dan terukur (visioner), dan memiliki wibawa yang bisa dirasakan oleh orang lain atau pengikutnya
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana sistem kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA AL Asy’ary AL-Khoziny Prigen Pasuruan? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA AL-Asy’ary
AL-Khoziny Prigen Pasuruan? 3) Apa dampak dari kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA AL-Asy’ary AL-Khoziny Prigen Pasuruan?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA AL-Asy’ary AL-Khoziny Prigen Pasuruan. 2) Untuk Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA AL-Asy’ary AL-Khoziny Prigen Pasuruan, 3) Untuk Mendeskripsikan dampak dari kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA AL-Asy’ary AL-Khoziny Prigen Pasuruan
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dengan beberapa karakteristik dari kharisma yakni wibawa, menjadi figur yang baik, visioner, percaya diri, berani mengambil keputusan, diyakini sebagai agen perubahan. 2) faktor penghambat dan pendukung kepemimpinan kharismatik yaitu adanya penyelewengan dari para bawahan seperti guru yang kurang peka sehingga masih saling tunjuk dalam mendampingi kegiatan, adanya guru yang sering telat dan lebih mementingkan kegiatan diluar. Adanya akibat dari perbedaan bermukim siswa serta kurang dikarenakan kurangnya kesadaran dalam diri masyarakat terhadap kegiatan sekolah. Usaha yang dilakukan yakni Adanya peraturan dibuat lembaga untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa. Para guru dan peserta didik yang berusaha untuk menaati semua peraturan yang telah ditetapkan. Dan adanya kerja sama yang dilakukan oleh stakeholder sekolah dalam mewujudkan tujuan bersama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ilmiyatus Shofiya
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:59
Last Modified: 11 Jan 2023 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16811

Actions (login required)

View Item View Item