Peran Guru Akidah Akhlak Sebagai Pembimbing Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyah Islamiyah Bangsalsari Jember

Kholid, M. Idham (2022) Peran Guru Akidah Akhlak Sebagai Pembimbing Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyah Islamiyah Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_IDHAM KHOLID_T20181306.pdf

Download (2MB)

Abstract

M. Idham Kholid, 2022: Peran Guru Akidah Akhlak Sebagai Pembimbing Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyah Islamiyah Bangsalsari Jember
Kata Kunci : Peran Guru Akidah Akhlak, Karakter Peserta didik.
Globalisasi menjadikan peserta didik semakn kehilangan moralnya yakni adanya kekerasan seksual, tawuran pelajar, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, dan sex bebas. Dengan demikian, pendidikan harus ditanamkan sedemikian rupa kepada peserta didik dan juga dalam hal ini peran guru akidah akhlak dalam mengembangkan karakter peserta didik sangat diperlukan.
Fokus penelitian ini yakni: 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam mengembangkan karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyah Islamiyah Bangsalsari?. 2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam mengembangkan karakter disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyah Islamiyah Bangsalsari?.
Tujuan penelitian ini yakni: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam mengembangkan karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyah Islamiyah Bangsalsari. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam mengembangkan karakter disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyah Islamiyah Bangsalsari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui beberapa cara yaitu kondensai data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) guru akidah akhlak melakukan suatu rangkaian program untuk menumbuhkan karakter religius siswa, yakni sholat dhuha berjama’ah, dhuhur berjama’ah, sholawat ketika maulid nabi, membaca tahlil, pondok ramadhan di bulan puasa. 2) guru akidah akhlak melakukan suatu kegiatan yakni siswa-siswi tidak boleh telat masuk kelas, selalu disiplin mengikuti kegiatan sekolah, tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, dan selalu menyuruh siswa-siswi untuk mentaati aturan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr M. IDHAM KHOLID
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:13
Last Modified: 11 Jan 2023 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16812

Actions (login required)

View Item View Item