Implementasi Akad Rahn Dalam Produk Gadai Emas di Unit Pegadaian Syariah Lumajang

Munawaroh, Zamrotu (2022) Implementasi Akad Rahn Dalam Produk Gadai Emas di Unit Pegadaian Syariah Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zamrotu Munawaroh_E20193113.pdf

Download (4MB)

Abstract

Zamrotu Munawaroh, 2022: Implementasi Akad Rahn Dalam Produk Gadai Emas di Unit Pegadaian Syariah Lumajang.

Kata kunci: Akad Rahn; Mu’nah; Gadai Emas

Kejelasan akad rahn dan penetapan mu'nah tentu sangat membantu masyarakat mendapatkan pinjaman dalam transaksi gadai emas sesuai dengan kebutuhan dan nilai harga emas sebagai barang jaminan. Tentunya perlu perhitungan secara benar agar tidak ada kesenjangan penetapan perhitungan dengan pelaksanaan yang terjadi sehingga tidak menimbulkan keraguan dari berbagai kalangan atas kesesuaian praktik gadai emas dengan konsep yang ada secara akad rahn.

Fokus penelitian dalam skripsi ini: 1) Bagaimana implementasi akad rahn di Unit Pegadaian Syariah Lumajang? 2) Bagaimana penentuan mu’nah dalam produk gadai emas di Unit Pegadaian Syariah Lumajang?

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui implementasi akad rahn di Unit Pegadaian Syariah Lumajang. 2) Untuk Mengetahui penentuan mu’nah dalam produk gadai emas di Unit Pegadaian Syariah Lumajang?

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Unit Pegadaian Syariah Lumajang. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Implementasi akad rahn dalam produk gadai emas di Unit Pegadaian Syariah Lumajang sudah melalui beberapa tahapan dengan baik dan berprinsip hanya menggunakan akad rahn saja. Adapun kendala dan kekurangan yang dihadapi dalam mekanisme pegadaian, antara lain; a) Kendala saat jatuh tempo. b) Kendala SDM karyawan. c) Kurang memperhatikan status kepemilikan barang gadai. 2) Kesenjangan mu’nah pada kasus 2 dikarenakan diskon mu’nah presentase kurang dari 92%, sedangkan pada kasus 1, 3 dan 4 tidak mendapatkan diskon karena presentase kurang dari 1,0% dan lebih dari 92,0%. Secara garis besar Unit Pegadaian Syariah Lumajang sudah menetapkan mu’nah gadai emas sesuai dengan konsep yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Zamrotu Munawaroh
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:19
Last Modified: 11 Jan 2023 04:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16816

Actions (login required)

View Item View Item