EKONOMI KREATIF DALAM RANGKA ”CITY BRANDING” OLEH KOMUNITAS FOTOGRAFI INDONESIA (KFI) WILAYAH PROBOLINGGO

Taqiyuddin, Ahmad (2022) EKONOMI KREATIF DALAM RANGKA ”CITY BRANDING” OLEH KOMUNITAS FOTOGRAFI INDONESIA (KFI) WILAYAH PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Kyai Haji Achmad Siddqi Jember.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI FULL-1.pdf
Restricted to Registered users only until 5 April 2025.

Download (2MB)

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep dibidang perekonomian diera ekonomi yang baru dengan mengutamakan kretivitas dan informasi. Konsep dariekonomi kreatif ini mendapatkan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi. Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengutamakan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia nantinya bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru buat masyarakat setempat. KFI berperan sebagai memasarkan Kota Probolinggo dengan cara mengenalkan budaya Probolinggo kepada Kota lain. City Branding dapat dikatakan sebagai strategi dari suatu kota atau daerah untk membuat positioning yang kuat dalam benak target pasar mereka, seperti layaknya positioning sebuah produk atau jasa, sehingga kota dan daerah tersebut dapat dikenal secara luas diseluruh dunia.
Fokus penelitian (1) Bagaimana Ekonomi Kreatif oleh Komunitas Fotografi Indonesia (KFI) Probolinggo (2) Bagaimana City Branding melalui Ekonomi Kreatif oleh Komunitas Fotografi Indonesia (KFI) Probolinggo. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui Ekonomi Kreatif oleh Komunitas Fotografi Indonesia (KFI) Probolinggo. (2) Untuk mengetahui City Branding melalui Ekonomi Kreatif oleh Komunitas Fotografi Indonesia (KFI) Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penemuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan tektik pengumpulan data, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menukjukan bahwa: (1) Ekonomi Kreatif dalam rangka oleh Komunitas Fotografi Indonesia, bisa dilihat dari segi Fotografinya yaitu, Prewadding Fotografi, Freelance Fotografi, Food Fotografi. Dan bagi masyarakat KFI membuka peluang untuk remaja ikut gabung KFI yang mana nantinya akan di ajarkan bagaimana caranya menggunakan kamera yang baik dan benar. Yang mana ekonomi kreatif ini bisa menambah pendapatan maupun membuka peluang pekerjaan. (2) City Branding dalam rangka Ekonomi Kreatif oleh Komunitas Fotografi Indonesia, Bisa dilihat bahwa city branding yang dilakukan oleh KFI yaitu melalui melakukan pemotretan Event, Kuliner, wisata lingkungan seperti pantai bentar, BJBR, Taman hidup, bromo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mem Ahmad Taqiyuddin
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:23
Last Modified: 05 Apr 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16831

Actions (login required)

View Item View Item