Analisis Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Tempe Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022

Syarifah Al-Hababa, Markha (2023) Analisis Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Tempe Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Markha Syarifah Al-Hababa_E20192311.pdf

Download (2MB)

Abstract

Markha Syarifah Al-Hababa, 2022 : Analisis Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Tempe Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022.

Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Loyalitas Pelanggan, UMKM Tempe Barokah

UMKM Tempe Barokah merupakan usaha produksi tempe berskala home industry yang hampir setiap hari habis, walaupun dilingkungan sekitarnya terdapat home industry yang memproduksi produk yang sama.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana implementasi etika bisnis Islam pada UMKM Tempe Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana dampak implementasi etika bisnis Islam dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada UMKM Tempe Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam pada UMKM Tempe Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui dampak implementasi etika bisnis Islam dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada UMKM Tempe Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Untuk mengindentifikasi permasalahan dan menjawab fokus penelitian maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dan teknik penetuan subjek purposive. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi parsitipasif aktif, wawancara semistruktur dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Implementasi etika bisnis Islam pada UMKM Tempe Barokah telah diimplementasikan yaitu prinsip unity (kesatuan tauhid), prinsip free will (kehendak bebas), prinsip responsibility (tanggung jawab) dan Prinsip kebenaran (kebajikan dan kejujuran). Namun, terdapat satu prinsip etika bisnis Islam yang tidak diimplementasikan yaitu prinsip equilibrium (keseimbangan). 2) Dampak implementasi etika bisnis Islam dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada UMKM Tempe Barokah sudah telihat dengan adanya kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan nilai yang dirasakan pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Markha Syarifah Al-Hababa
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:15
Last Modified: 11 Jan 2023 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16836

Actions (login required)

View Item View Item