Analisis Pola Kemitraan Dalam Meningkatkan Produktivitas Petani Kabupaten Jember Pada PT East West Seed Indonesia (EWINDO)

hidayat, nurul (2023) Analisis Pola Kemitraan Dalam Meningkatkan Produktivitas Petani Kabupaten Jember Pada PT East West Seed Indonesia (EWINDO). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Revisi_Skripsi_dayat_NEW_(1)_(1)[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurul Hidayat, Toton Fanshurna, M.Ei : Analisis Pola Kemitraan Dalam Meningkatkan Produktivitas Petani Kabupaten Jember Pada PT East West Seed Indonesia (EWINDO)
Kemitraan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah bentuk persekutuan antara dua pihak (Kelompok tani dan EWINDO) yang membentuk suatu ikatan kerja sama atas dasar kesepakatan dan rasa saling membutuhkan dalam rangka meningkatkan kapasitas disuatu bidang tertentu, atau tujuan tertentu, sehingga dapat meperoleh hasil yang lebih baik. Kemitraan merupakan salah satu tingkatan peran masyarakat dalam menjalankan kerjasama. Kemitraan juga di artikan sebagai adanya sharing power antara pihak masyarakat (kelompok tani) dan pihak pemegang kekuasaan (EWINDO) berdasarkan kesepakatan bersama.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Pola Kemitraan Antara Gapoktan Tisnogambar Dengan
PT East West Seed (EWINDO) Indonesia Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Kabupaten Jember? (2) Bagaimana Produktivitas Usaha Kelompok Tani Tisnogambar Sesudah Bermitra Dengan PT East West Seed Indonesia (EWINDO)?
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui: (1) Pola Kemitraan Antara Gapoktan Tisnogambar Dengan PT East West Seed Indonesia (EWINDO) Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Kabupaten Jember (2) Produktivitas Usaha Kelompok Tani Tisnogambar Sesudah Bermitra Dengan PT East West Seed Indonesia (EWINDO).
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pola kemitraan kelompok tani Tisnogambar dengan PT East West Seed Indonesia (EWINDO) merupakan bentuk kerjasama antara petani dengan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan petani Tisnogambar. PT East West Seed Indonesia (EWINDO) memberikan benih secara gratis kepada petani untuk ditanam dan dirawat sampai waktu panen tiba . Hasil panen harus dijual kembali kepada PT East West Seed Indonesia (EWINDO) dan haisl dari penjualan itu bisa menjdi sumber pendapan bagi petani tisnogambar. 2) Pola kemitraan kelompok tani Tisnogambar dengan PT East West Seed Indonesia (EWINDO) merupakan bentuk kerjasama antara petani dengan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan petani dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Sebelum adanya peningkatan usaha kelompok tani, setiap petani hanya mendapatkan sedikit pendapatan yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja. Akan tetapi, sejak adanya kerjasama dengan PT East West Seed Indonesia (EWINDO), kesejahteraan petani meningkat dan petani mulai bisa memenuhi kebutuhan rumah tangganya tanpa adanya kekurangan dan kebingungan. Dengan adanya kerjasama itu juga, PT East West Seed Indonesia (EWINDO) mengalami peningkatan produktivitas dalam menjalankan usahanya.

Kata kunci : Kemitraan, Produktivitas, petani

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Nurul Hidayat
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:10
Last Modified: 11 Jan 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16839

Actions (login required)

View Item View Item