Pengembangan Handout Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada Materi Virus Untuk Siswa Kelas X IPA di MA Ma'arif Ambulu Jember

Asmah, Dwi Wardatul (2022) Pengembangan Handout Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada Materi Virus Untuk Siswa Kelas X IPA di MA Ma'arif Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi -Dwi Wardatul Asmah-T20188076.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata kunci: Handout, Socioscientific Issues (SSI), Virus
Dalam menunjang pengembangan kemampuan siswa dalam abad 21, perlunya inovasi strategi pembelajaran yang dapat memenuhi kompetensi siswa. Salah satunya dengan pengintegrasian socioscientific issues (SSI) melalui bahan ajar. Handout merupakan bahan ajar yang dirancang untuk mengisi kekurangan materi baik dalam buku maupun secara lisan oleh pendidik. Handout dapat berisi materi tambahan yaitu isu-isu virus untuk memperkenalkan siswa hubungan sains dengan sosial. Hasil observasi dan analisis kebutuhan di MA Ma’arif Ambulu Jember didapat bahwa siswa perlu memperlajari isu-isu virus yang beredar di masyarakat berbasis SSI yang dikemas dalam bentuk handout.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan handout berbasis SSI pada materi virus untuk siswa kelas X IPA di MA Ma’arif Ambulu Jember. 2) Mendeskripsikan hasil respons siswa terhadap handout berbasis SSI pada materi virus untuk siswa kelas X IPA di MA Ma’arif Ambulu Jember. 3) Mendeskripsikan keefektifan handout berbasis SSI pada materi virus kelas X IPA di MA Ma’arif Ambulu Jember.
Metode penelitian menggunakan penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sedangkan untuk mengetahui produk layak digunakan sesuai sasaran atau atau tidak, maka dilakukan validasi produk kepada para ahli dan untuk mengetahui kemenarikan bahan ajar menggunakan angket respons siswa dan mengetahui keefektifan produk menggunakan pretest dan posttest dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, pedoman wawancara dan soal tes.
Hasil penelitian dan pengembangan handout berbasis SSI (Socio-Scientific Issues) yang telah dikembangkan dapat disimpulkan: 1) kevalidan handout berbasis SSI pada materi virus dinyatakan valid dengan hasil validasi materi sebesar 93%, ahli media sebesar 94,6%, ahli bahasa 80,9% dan guru biologi sebesar 82,6% dengan rata-rata hasil keseluruhan sebesar 87,7% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil uji respons siswa dengan rata-rata keseluruhan 87,5% untuk uji skala kecil dan sebesar 86,71% dalam uji skala besar, yang sama berkategori sangat menarik. 3) Hasil uji keefektifan handout berbasis SSI pada materi virus dinyatakan efektif dalam pembelajaran dengan hasil pretest dan posttest yang diperoleh nilai rata-rata postest lebih tinggi daripada pretest. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test diketahui nilai sig 0,000 < 0,05 pada data, yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan handout dan hasil uji N-Gain diperoleh cukup efektif digunakan dalam pembelajaran dengan hasil uji N-Gain persen sebesar 61,0714.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060502 Infectious Agents
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: Dwi Warda Asmah
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:10
Last Modified: 19 Jan 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16861

Actions (login required)

View Item View Item