Pengembangan alat evaluasi berbasis aplikasi kahoot pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari di kelas VIII SMP negeri 3 silo

Hartono, Andi (2022) Pengembangan alat evaluasi berbasis aplikasi kahoot pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari di kelas VIII SMP negeri 3 silo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Andi Hartono.pdf

Download (6MB)

Abstract

Andi Hartono, 2022: Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Aplikasi Kahoot pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari di Kelas VIII SMPN 3 Silo.

Kata Kunci: Pengembangan, Alat Evaluasi, Kahoot

Dalam perkembangan teknologi, peneliti melaksanakan penelitian pengembangan berupa alat evaluasi pada pembelajaran IPA yaitu aplikasi kahoot. karena tingkat keberhasilan serta tidaknya suatu proses pendidikan bisa dilihat dari evaluasi pembelajarannya. Dalam memperoleh hasil evaluasi pembelajaran yang baik, maka guru harus mampu memliki alat evaluasi yang praktis serta valid untuk mencapai tujuan pembelajaran. berdasarkan hasil observasi guru masih melakukan evaluasi secara manual tanpa adanya dukungan teknologi yang ada. Sehingga siswa cenderung kurang tertarik, bosan dan ramai saat evaluasi pembelajaran berlangsung.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui proses pengembangan alat evaluasi berbasis Aplikasi Kahoot pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari di kelas VIII SMPN 3 SILO. 2).Untuk mengetahui validitas alat evaluasi berbasis aplikasi kahoot pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari di kelas VIII SMPN 3 SILO. 3).Untuk mengetahui tingkat kepraktisan alat evaluasi berbasis aplikasi kahoot pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari di kelas VIII SMPN 3 SILO.
Jenis penelitian yaitu penelitian dan pegembangan (research and development) dengan model Borg and Gall. Data yang diperoleh dari Data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validator media, validator materi, pendidik mata pelajaran IPA dan peserta didik. sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil kritik dan saran validator dan pengguna.
Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut : (1) Pengembangan alat evaluasi berbasis aplikasi kahoot melalui tujuh tahap, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir,diseminasi dan implementasi (2) berdasarkan uji kevalidan materi dan media didapatkan hasil tingkat kevalidan dan ahli materi dengan kategori sebesar 92% dengan kategori sangat valid dan ahli media 89% dengan kategori sangat valid. (3) berdasarkan tingkat kepraktisan yang didapatkan dari pendidik mata pelajaran IPA kelas VIII yaitu 81,1% dengan kategori sangat praktis dan penilaian peserta didik mendapatkan hasil kepraktisan sebesar 81,5% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr Andi Hartono
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:12
Last Modified: 13 Jan 2023 01:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16872

Actions (login required)

View Item View Item