TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN DESA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 (Studi kasus di Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo)

Husin, Nurul (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN DESA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 (Studi kasus di Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Husin_S20183048.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurul Husin, 2022: “Tinjauan Yuridis Terhadap Pengelolaan Dana Desa Dalam Menunjang Pembangunan Desa Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 (Studi Kasus Di Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo)”
Kata Kunci : Pengelolahan Dana Desa, Pembangunan Desa.

Perkembangan hukum di Indonesia merupakan harapan terciptanya hukum yang seimbang dan selaras untuk keseluruhan aspek kehidupan. Penelitian ini mempunyai tujuan guna melakukan riset yuridis terhadap implementasi Pengelolahan Anggran Dana Desa, yang notabennya Desa merupakan satuan pemerintahan yang paling bawah akan tetapi peran Pengelolaan Dana Desa sangat vital, terhadap berkembangnya Sebuah Desa dan masyarakat yang ada dalam lingkup pedesaan. Maka dari itu pengaruh besar terhadap perkembangan Desa, yaitu pengelolaan Dana Desa yang transparan serta keterbukaan antara pemerintahan Desa dan Masyarakatnya.
Fokus permasalahan yang diamati ialah: 1) Bagaimana pengelolaan dana Desa di Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten probolinggo? 2.) Bagaimana pengelolaan Dana Desa perspktif UU nomor 6 tahun 2014 di Desa bremi kecamatan krucil kabupaten probolinggo?
Tujuan penelitian ini yakni 1) Mengetahui pengelolaan Dana Desa di Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo 2) Mengetahui Bagaimana pengelolaan Dana Desa perspktif UU nomor 6 tahun 2014 di Desa bremi kecamatan krucil kabupaten probolinggo
Jenis penelitian yang digunakan ialah yuridis empiris yang menitikberatkan atau fokus kegiatannya pada riset lapangan guna mendapatkan data dan menganilisnya dengan deskripstif. Sumber data didapatkan melalui cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini mengunakan induksi dan deduksi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Memudahkan penulis untuk mendapatkan data yang objektif dalam rangka mengetahui Pengelolaan Dana Desa dalam menunjang Pembangunan Desa.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Manajemen Pengelolaan Dana Desa Di Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo ialah sesuai peraturan Perundang-undangan yang berlaku baik UU, PP, Perpu hingga PERBUP, Singkronisasi antara penguatan dalam proses implementasi Dana Desa, agar konteks mashlahat selalu tetap terjaga dari beberapa gangguan maupun kecurangan oknum yang melibatkannya, hal itu selaras sesuai dengan cita serta prinsip-prinsip good Governance. (2) Implikasi Alokasi Pembangunan Desa Terhadap Masyarakat Di Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo adalah bentuk pemberdayaan Masyarakat di berbagai bidang serta pembangunan di wilayah multisektoral yang menjadikan peraturan perundang undangan sebagai acuan dalam melaksanakan pembangunan tersebut. Misalnya pembangunan desa wisata, ekonomi kreatif hingga Kampung iklim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Depositing User: Ms Nurul Husin
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:03
Last Modified: 12 Jan 2023 01:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item View Item