INTEGRASI PROGRAM KEAGAMAAN DAN KEJURUAN DI SMK ISLAM BUSTANUL ULUM (IBU) PAKUSARI JEMBER TAHUN 2021/2022

Prasasti, Ayunda Eka (2022) INTEGRASI PROGRAM KEAGAMAAN DAN KEJURUAN DI SMK ISLAM BUSTANUL ULUM (IBU) PAKUSARI JEMBER TAHUN 2021/2022. Undergraduate thesis, Uin khas kiai achmad siddiq Jember.

[img] Text
Ayunda Eka P. WTR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ayunda Eka Prasasti, 2022 : Intregasi Program Keagamaan Dan Kejuruan Di SMK Islam Bustanul Ulum (IBU) Pakusari Jember Tahun 2021/2022

Kata Kunci : Intregasi Program Keagamaan Dan Kejuruan
Program adalah suatu rencana kegiatan yang di susun secara sistematis, logis, dan rasional sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan program yang mana di dalam program terdapat Ciri suatu program adalah sistematik, sistemik, terencana, dinamis, berubah dan berkembang.
Fokus penelitian ini sebagai berikut 1) Bagaimana desain program kejuruan dan kegamaan yang ada di SMK Islam Bustanul Ulum (IBU) ? 2) Bagaimana peran kepala sekolah dalam intregasi program kejuruan dan keagamaan di SMK Islam Bustanul Ulum (IBU)
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) Mendeskripsikan desain program kejuruan dan keagamaan yang ada di SMK IBU 2) Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam intregasi program kejruuan dan keagaman di SMK IBU Untuk mencapai tujuan di atas penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan jenis penelitian lapangan (field researcha), dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisi data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data, Penarikan keismpulan yang di kembangkan oleh Miles,Huberman, sedangkan untuk menguji keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini : 1) Desain program kejuruan dan keagamaan di SMK IBU yaitu kegiatan pembacaan surat yasin dan pembacaan as-maul husna sebelum memulai pelajaran . 2) Peran kepala sekolah di SMK IBU terhadap program kejuruan yaitu mengadakan inovasi atau pembaharuan seperti mengadakan kegiatan les, dan mengadakan kegiatan ujian praktek, sedangkan peran terhadap kurikulum keagamaan adalah mengadakan kegiatan keagamaan seperti mengaji surat yasin dan pembacaan sholawat nariyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ayunda Eka Prasasti
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:06
Last Modified: 12 Jan 2023 01:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16880

Actions (login required)

View Item View Item