IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM RANTAI PASOKAN PERDAGANGAN CABE DI DESA BUNGATAN KABUPATEN SITUBONDO

Dimas, Avan (2022) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM RANTAI PASOKAN PERDAGANGAN CABE DI DESA BUNGATAN KABUPATEN SITUBONDO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AVAN ACC.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Avan dimas, 2022: Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Rantai Pasokan Perdagangan Cabe di Desa Bungatan Kec. Bungatan Kab. Situbondo
Kata Kunci :Implementasi Etika Bisnis Islam
Kejujuran merupakan sifat utama dalam pergaulan. Semua orang memdambakan sifat jujur pada dirinya, walaupun ia sering melakukan suatu hal yang tidak jujur hal ini menunjukkan bahwa orang yang dapat berkata jujur dan bertindak sesuai dengan kenyataan berarti dapat berbuat adil dan benar. Cabai merupakan salah satu jenis bumbu yang sangat digemari di Indonesia Kota pemasok cabai salah satunya Kab. Situbondo. Kestabilan besarnya harga yang ditawarkan dalam transaksi antara pengepul dan petani cabai tersebut biasanya ditentukan oleh pengepul, karena dianggap mereka lebih mengetahui harga di pasaran. Kemudian, praktek pengurangan dan permaianan harga dalam jual beli cabai di desa Bungatan sudah berjalan dan dianggap sebagai kebiasaan.
Penulis merumuskan masalah sebagai berikut:1.bagaimana rantai pasok perdagangan cabai di Desa Bungatan Kec. Bungatan Kab. Situbondo? 2.bagaimana implementasi prinsip kejujuran dalam rantai pasokan perdagangan cabai di Desa Bungatan Kec. Bungatan Kab.Situbondo ?
Metode penelitian yang digunakan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dimaksud penelitian dengan pendekatan kualitatif adalah prosedur penelitian yang mengahasilkan data deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yamg berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang, karena penelitian ini peneliti berusaha mendeskripsikan impelementasi kejujuran dalam rantai pasokan cabe penjualan yang terjadi dilapangan.
Adapun tujuan dibentuknya penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui rantai pasok perdagangan cabai di Desa Bungatan Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. 2. Untuk mengetahui prinsip kejujuran dalam rantai pasokan perdagangan cabai di Desa Bungatan Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo.
Skripsi ini membahas secara panjang perihal tahapan kesadaran manusia akan prinsip kejujuran. Kesadaran manusia akan kejujuran itu ternyata bertahap-tahap dan berjenjang-jenjang, sehingga bertahap-tahap dan berjenjang-jenjang pula route yang perlu ditempuh setiap rantai pasok agar para pelaku di dalamnya secara bersama-sama dapat mewujudkan rantai pasok yang etis, ethical supply chain.. Diperlukan waktu dan proses bagi pelaku rantai pasok untuk beranjak kesadaran etikanya dari tahap pra-konvensional ke tahap konvensional, bahkan ke tahap purnakonvensional. Terkait dengan bagaimana implementasi prinsip kejujuran dalam rantai pasokan cabe di kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo terdapat perihal yang sangat menarik dikarenakan petani ataupun masyarakat yang masih kurang akan teori maka salah satu pengepul cabe di kec. Bungatan Kab. Situbondo menggunakan cara yaitu dengan mengutamakan komitmen, kedisiplinan dan kejujuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Avan Dimas
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:12
Last Modified: 19 Jan 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16890

Actions (login required)

View Item View Item