Strategi Pengembangan Melalui Diversifikasi Produk Pada NN Handicraft Di Situbondo

Nur Hafiah, Siti Anisatun (0002) Strategi Pengembangan Melalui Diversifikasi Produk Pada NN Handicraft Di Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Anisatun NH-E20182284-Ekonomi Syariah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Siti Anisatun Nur Hafiah, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag., M.E.I. : Strategi Pengembangan Melalui Diversifikasi Produk Pada NN Handicraft di Situbondo.
Pengembangan produk merupakan proses di mana bisnis menyempurnakan produk yang mereka hasilkan untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus berubah. Dimungkinkan untuk menghasilkan produk menggunakan strategi diversifikasi. Tujuan diversifikasi produk tersebut untuk meningkatkan variasi barang yang tersedia bagi konsumen dengan menambahkan kategori dan jenis produk baru. Oleh karena itu, pengembangan produk harus diupayakan untuk menghindari kejenuhan konsumen dan mendiversifikasi penawaran produk perusahaan sehingga tidak tergantung pada satu macam produk saja. Berbagai pilihan produk akan meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa permintaan mereka akan terpenuhi.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pengembangan produk pada NN Handicraft di Situbondo ? 2) Bagaimana implementasi diversifikasi produk pada NN Handicraft di Situbondo ?
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan produk pada NN Handicraft di Situbondo. 2) Untuk mengetahui implementasi diversifikasi produk pada NN Handicraft di Situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode informan menggunakan teknik purposive. Adapun Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu untuk mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.
Kesimpulan dari penelitian di atas adalah : 1) Strategi Pengembangan melalui diversifikasi produk sudah dilakukan dengan sebaik mungkin oleh NN Handicraft. Diversifikasi produk yang diterapkan adalah strategi diversifikasi konsentris, dimana diversifikasi konsentris adalah produk baru yang diperkenalkan memiliki kaitan atau hubungan dalam hal pemasaran atau teknologi dengan produk yang sudah ada. 2) Pelaksanaan diversifikasi produk yang dilakukan oleh NN Handicraft berjalan dengan efektif. Dimana adanya diversifikasi produk ini mampu mendorong peningkatan penjualan. Produk baru yang dihasilkan dalam diversifikasi produk telah memberikan kontribusi yang baik dan juga mendapat nilai lebih. Namun dalam pelaksanaan pengembangan produk terdapat kendala yakni kurangnya tenaga kerja.

Kata kunci : Strategi Pengembangan, Diversifikasi Produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Siti Anisatun Nur Hafiah
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:28
Last Modified: 12 Jan 2023 00:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16898

Actions (login required)

View Item View Item