Strategi Service Excellent Dalam Upaya Menghimpun Dana Pada Produk Deposito Mudharabah Di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani

Putri, Fenny Febriyanti (2022) Strategi Service Excellent Dalam Upaya Menghimpun Dana Pada Produk Deposito Mudharabah Di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fenny Febriyanti Putri_E20171162.pdf

Download (4MB)

Abstract

Di era yang modern ini setiap perusahaan yang bergerak dibidang jasa pada dunia perbankan, suatu persaingan sering diupayakan dalam bentuk pelayanan yang unggul untuk mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya merupakan suatu hal yang sudah menjadi kebutuhan dan harus dilakukan supaya nasabah yang dilayani semakin merasa puas dan terdorong untuk menjadi nasabah yang loyal. Tentunya hal itu memerlukan strategi yang baik dan pelayanannya sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Hal ini dilakukan untuk bisa memberikan pelayanan prima di dalam menghimpun dana pada produk deposito mudharabah yang ada di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani.
Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penghimpunan produk deposito mudharabah di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani?. 2) Bagaimana mekanisme bagi hasil produk deposito mudharabah di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani?. 3) Bagaimana strategi service excellent dalam upaya menghimpun dana deposito mudharabah di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui sistem penghimpunan dana produk deposito mudharabah di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani. 2) Untuk mengetahui nisbah (bagi hasil) keuntungan yang diinvestasikan pada produk deposito mudharabah di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani. 3) Untuk mengetahui strategi service excellent dalam upaya menghimpun dana pada produk deposito mudharabah di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian yang menggunakan penelitian deskriptif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi service excellent yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani dalam upaya menghimpun dana pada produk deposito mudharabah dengan menggunakan konsep A6, yaitu: Kemampuan (Ability), sikap (Attitude), Penampilan (Appearance), Perhatian (Attention), Tindakan (Action), Tanggungjawab (Accountability). Dengan melalui bahwa dalam bersikap, berbicara, dan melayani nasabah atau tamu karyawan Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani selalu berbicara lemah lembut sehingga dapat menarik minat tamu dan membuat nasabah betah berhubungan dengan bank. Bahwa semua karyawan Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani didalam pelayanannya harus lugas dan jelas dalam penyampaiannya, bahwa komunikasi yang dilakukan karyawan Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani diharapkan dapat membuat nasabah tertarik dan terkesan terhadap bank, dalam menghadapi nasabah atau tamu karyawan Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo A Yani selalu murah senyum dan tidak diperbolehkan karyawan untuk bersikap murung atau cemberut.

Kata Kunci: Strategi, Service Excellent, Penghimpunan Dana, Deposito Mudharabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Fenny Febriyanti Putri
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:12
Last Modified: 12 Jan 2023 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16901

Actions (login required)

View Item View Item