ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA SISWA KELAS XI BIC 1 MAN 1 JEMBER DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

Andreansyah, Mohamad (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA SISWA KELAS XI BIC 1 MAN 1 JEMBER DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohamad Andreansyah_T20187059.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mohamad Andreansyah, 2022: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada Siswa Kelas XI BIC MAN 1 Jember Ditinjau dari Self Confidence
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, HOTS, Self Confidence
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan dengan menanamkan keterampilan kemampuan pemecahan masalah kepada siswa. Cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dengan memberikan soal Higher Order Thinking Skill. Agar siswa mampu memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik, maka diperlukan self Confidence yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas XI BIC 1 dengan self confidence tinggi, 2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas XI BIC 1 dengan self confidence sedang, 3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas XI BIC 1 dengan self confidence rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di MAN 1 Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, dalam penelitian ini peneliti menggunakan purposive sampling dan didapatkan enam subjek yang terdiri dari dua subjek dengan self confidence tinggi, dua subjek dengan self confidence sedang, dan dua subjek dengan self confidence rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara. Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Miles Hubberman yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing.
Hasil penelitian ini menujukkan 1) siswa dengan self confidence tinggi, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS menujukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi ke empat indikator pemecahan masalah menurut polya. 2) siswa dengan self confidence sedang, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS menujukkan bahwa mereka mampu memenuhi dua indikator pemecahan masalah menurut polya yaitu memahami masalah dan menyusun rencana. 3) siswa dengan self confidence rendah, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS menujukkan bahwa mereka hanya mampu memenuhi satu indikator pemecahan masalah menurut polya yaitu memahami mahsalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mohamad Andreansyah
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:11
Last Modified: 13 Jan 2023 01:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item