Setyaningsih, Feny (2022) Pengaruh Kualitas Produk Pembiayaan Murabahah dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Kencong. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
FENY SETYANINGSIH_20171172.pdf Restricted to Registered users only until 5 April 2025. Download (54MB) |
Abstract
ABSTRAK
Feny Setyaningsih, Dr. M.F.Hidayatullah, S.H.I., M.S.I, 2022: Pengaruh
Kualitas Produk Pembiayaan Murabahah dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang
Pembantu Kencong
Lembaga keuangan syariah khususnya BMT tidak terlepas dari adanya
kepuasan nasabah dalam menggunakan jasa yang diberikan.Kepuasan nasabah
memberikan banyak manfaat yang diterima oleh perusahaan dan sebagai kunci
utama eksistensi lembaga. Kepuasan nasabah dipengaruhi oleh kualitas produk
dan kualitas pelayanan. Kualitas produk dapat diartikan kemampuan suatu barang
untuk memberikan hasil yang sesuai atau melebihi dari apa yang diharapkan.
Sedangkan kualitas pelayanan diartikan sebagai tingkat keunggulan yang
diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi
keinginan pelanggan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah di BMT UGT
Nusantara Cabang Pembantu Kencong? 2) Apakah kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah di BMT UGT
Nusantara Cabang Pembantu Kencong? 3) Apakah kualitas produk dan kualitas
pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan
nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Kencong?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk terhadap tingkat kepuasan nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang
Pembantu Kencong. 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
tingkat kepuasan nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Kencong.
3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara
bersama-sama terhadap tingkat kepuasan nasabah di BMT UGT Nusantara
Cabang Pembantu Kencong.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian kuantitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah uji
validitas dan uji reliabilitas data, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier
berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kualitas produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang
Pembantu kencong. 2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Kencong.
3) Kualitas produk dan Kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap
kepuasan nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Kencong.
Berdasarkan hasil yang ditunjukkan dengan nilai t hitung dan t tabel kualitas
produk sebesar 2,754 > 1,663, kualitas pelayanan 2,319 < 1,663. Berdasarkan uji f
6,859 > 2,37. Berdasarkan Uji R² sebesar 0,838 atau 83,8% dan sisanya 17,2%
dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Depositing User: | Ms Setyaningsih Feny |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 02:28 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 07:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16908 |
Actions (login required)
View Item |