Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fikih untuk Mengembangkan Keterampilan 4C Siswa Kelas VIII di MTs Al-Amien Ambulu Tahun 2022/2023

Hidayatul Asiqoh, Sukma (2022) Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fikih untuk Mengembangkan Keterampilan 4C Siswa Kelas VIII di MTs Al-Amien Ambulu Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SUKMA HIDAYATUL ASIQOH_T20181146.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Keterampilan 4C, Pembelajaran Fikih.
Berdasarkan observasi di MTs Al-Amien Ambulu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Kurangnya minat dalam pembelajaran membuat siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan beberapa masalah di atas, pendidik menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran Fikih. Hal tersebut membuat peneliti ingin meneliti lebih lanjut mengenai
penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran Fikih untuk mengembangkan
keterampilan 4C kelas VIII.
Fokus penelitian skripsi ini adalah bagaimana pendekatan saintifik pada pembelajaran fikih untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi siswa kelas VIII di MTs Al-Amien Ambulu?. Tujuan penelitian skripsi ini yaitu mendeskripskikan pendekatan saintifik pada
pembelajaran fikih untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif,
komunikasi dan kolaborasi siswa kelas VIII di MTs Al-Amien Ambulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian skripsi ini adalah : 1) pendekatan saintifik pada pembelajaran Fikih untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa mengamati peristiwa zakat yang ada di lingkungan sekitarnya. Kemudian siswa
bertanya tentang apa yang belum dipahami. Kemudian siswa mengumpulkan data dari buku mengenai zakat, setelah itu peserta didik berdiskusi dan menalar dari data yang telah dikumpulkan kemudian disimpulkan untuk dijadikan bahan presentasi. 2) Siswa mengamati soal narasi yang diberikan oleh guru, sehingga
dari pengamatan tersebut timbul pertanyaan. Siswa mencari tau sesuatu yang baru dalam bab zakat dengan mencari atau mengumpulkan data dari sumber referensi yang ada. Siswa bersama kelompoknya menalar dari beberapa sumber yang telah dikumpulkan, kemudian guru fikih memberikan arahan kegiatan diskusi yang
tujuannya agar siswa memperoleh pengetahuan dan berfikir secara kreatif. 3) Dibentuk beberapa kelompok agar siswa dapat berdiskusi dan presentasi serta diberikan soal yang bersifat uraian serta membuat komunikasi 3 arah yakni komunikasi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru serta siswa dengan
siswa yang melibatkan guru. 4) Guru membentuk kelompok kerja secara acak yang terdiri dari 3-5 kelompok. Kemudian siswa bekerja sama dan saling membantu satu sama lain dalam mempelajari materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Depositing User: Mrs Sukma Hidayatul Asiqoh
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:47
Last Modified: 12 Jan 2023 00:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16911

Actions (login required)

View Item View Item