Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas IX di MTs Abdussalam pada Mata Pelajaran Fikih Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization

Akhiya, Azif Halwanie (2022) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas IX di MTs Abdussalam pada Mata Pelajaran Fikih Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AZIF HALWANIE AKHIYA_T20181169.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: upaya peningkatan hasil belajar, mata pelajaran fikih, model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)

Pembelajaran Fikih di kelas IX MTs Abdussalam merupakan proses pembelajaran satu arah dengan metode ceramah dan hanya terfokus dengan buku yang mereka pelajari, alhasil proses pembelajaran menjadi pasif dan hasil belajar pun menjadi menurun. Nilai tersebut dapat dilihat melalui hasil ulangan siswa dan nilai ujian tengah semester juga ujian akhir madrasah yang hasil keseluruhan rata-rata siswa di bawah KKM.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya penerapan pembelajaran menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan soal HOTS dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fikih kelas IX di MTs Abdussalam? 2) Apakah model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan soal HOTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fikih?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya penerapan pembelajaran menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan soal HOTS dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fikih kelas IX di MTs Abdussalam. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas IX melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan soal HOTS pada mata pelajaran fikih.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Model PTK yang digunakan merupakan model spiral milik Kemmis dan Mc Taggart yang mana satu siklusnya terdiri dari 4 tahapan yakni, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan kerja sama kolaborator dan dilaksanakan selama 3 bulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data milik Miles & Hubermen
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut 1) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan soal HOTS berjalan dengan sangat baik selama penerapannya. 2) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization menggunakan soal HOTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX di MTs Abdussalam, hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,50%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 85,23%. Hal ini juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik dengan rata-rata pada aspek afektif sebesar 3,42 dengan kategori sangat kompeten dan pada aspek psikomotorik memperoleh rata-rata skor sebesar 3,37 dengan kategori sangat kompeten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr. Azif Halwanie Akhiya
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:31
Last Modified: 12 Jan 2023 00:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item