PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X DI SMAN 1 BANGOREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Wahyuni, Titin Isti (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X DI SMAN 1 BANGOREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
TITIN ISTI WAHYUNI_T20188005.pdf

Download (14MB)

Abstract

Titin Isti Wahyuni, 2022: Pengembangan Modul Elektronik Berbantuan Aplikasi Flip PDF Corporate Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Virus Untuk Siswa Kelas X Di SMAN 1 Bangorejo Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata kunci: Modul elektronik, aplikasi flip pdf corporate, berbasis inkuiri terbimbing, virus
Seiring berjalannya waktu, pemanfaatan teknologi dan informasi dapat digunakan oleh guru sebagai inovasi dalam pengembangan bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan aplikasi dan internet adalah modul elektronik yang berbasis inkuiri terbimbing, sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep materi.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan modul elektronik berbantuan Flip PDF Corporate berbasis inkuiri terbimbing pada materi virus untuk siswa kelas X SMAN 1 Bangorejo Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023, 2) Mendeskripsikan hasil respon siswa terhadap modul elektronik berbantuan Flip PDF Corporate berbasis inkuiri terbimbing pada materi virus untuk siswa kelas X SMAN 1 Bangorejo Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023, 3) Mengetahui keefektifan modul elektronik berbantuan Flip PDF Corporate berbasis inkuiri terbimbing pada materi virus untuk siswa kelas X SMAN 1 Bangorejo Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah R&D menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah ahli bahasa, ahli media, ahli materi, guru biologi dan siswa kelas X9 SMAN 1 Bangorejo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar angket, lembar validasi, pedoman wawancara dan soal pre test dan post test. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.
Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Hasil penilaian uji validitas ahli bahasa memperoleh presentase rata-rata sebesar 74,44% dengan kategori cukup valid, validasi ahli materi memperoleh presentase rata-rata sebesar 83,01% dengan kategori sangat valid, validasi ahli media memperoleh presentase rata-rata sebesar 90,52% dengan kategori sangat valid, validasi oleh guru biologi memperoleh presentase rata-rata sebesar 91,42% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil uji respon siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh hasil presentase rata-rata sebesar 87,69% dengan kriteria sangat menarik dan hasil uji coba respon siswa kelompok besar diperoleh presentase rata-rata sebesar 89,77% dengan kriteria sangat menarik. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus paired sample t test, diperoleh Sig (2-tailed) data pretest dan posttest adalah 0,000. Sig (2-tailed) data pretest dan posttest pada penelitian ini lebih kecil dari 0,05. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikannya modul elektronik berbantuan aplikasi Flip PDF Corporate berbasis inkuiri terbimbing pada materi virus dan dinyatakan efektiv digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060506 Virology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: TITIN ISTI Titin WAHYUNI
Date Deposited: 12 Jan 2023 09:12
Last Modified: 12 Jan 2023 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16934

Actions (login required)

View Item View Item