Preferensi Permodalan Nelayan Pada Pengambek Dan Perbankan Di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Al Farizi, Salman (2022) Preferensi Permodalan Nelayan Pada Pengambek Dan Perbankan Di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Salman Al Farizi_E20182327.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salman Al Farizi, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I., S.Pd.I, 2022: Preferensi Permodalan Nelayan Pada Pengambek Dan Perbankan Di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember
Preferensi permodalan yaitu, selera, kesukaan atau kecenderungan hati seseorang untuk meminjam modal kepada suatu pihak yang terkait. Nelayan adalah suatu kelompok masyarakat yang hidupnya tergantung langsung pada hasil laut, baik dengan cara melakukan penangkapan maupun budidaya. Pengambek adalah orang yang memberikan modal kepada Nelayan, Nama lain dari Pengambek ini adalah Tengkulak Ikan. Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu, 1) Bagaimana sistem Permodalan oleh Nelayan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember? 2) Bagaimana Preferensi Permodalan Nelayan pada Pengambek dan Perbankan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember? 3) Apa Hambatan dan Tantangan dalam Preferensi Permodalan Nelayan pada Pengambek dan Perbankan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui Bagaimana sistem Permodalan oleh Nelayan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui Bagaimana preferensi permodalan Nelayan pada Pengambek dan Perbankan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui apa saja Hambatan dan Tantangan dalam Preferensi Permodalan Nelayan pada Pengambek dan Perbankan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Penentuan subjek penelitian sebagai informan dengan menggunakan Purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Adapun kebasahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan: 1) Sistem permodalan yang dilakukan oleh Nelayan ada 2 sumber, permodalan yang dilakukan secara pribadi dan yang kedua dari modal Asing. 2) Nelayan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember lebih berminat atau lebih tertarik melakukan peminjaman modal di pengambek dan PNM Mekaar daripada Bank BRI. 3) Hambatan dan tantangannya, yaitu jika tidak dengan meminjam modal kepada pengambek atau perbankan, maka nelayan tidak bisa berangkat melaut dan jika sudah mendapatkan pinjaman dari pengambek atau perbankan, nelayan harus bekerja lebih keras lagi agar hasil tangkapan yang didapatkan bisa lebih banyak agar pendapataan nelayan lebih banyak dan bisa mengangsur dana pinjaman yang telah didapatkannya.

Kata Kunci: Preferensi Permodalan, Nelayan, Pengambek, Perbankan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Salman Al Farizi
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:05
Last Modified: 17 Jan 2023 00:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16938

Actions (login required)

View Item View Item