Implementasi Marketing Mix Pada Produk Tabungan Utama di Bank Mega Syariah KCP Jember.

Hasanah, Wardatul (2020) Implementasi Marketing Mix Pada Produk Tabungan Utama di Bank Mega Syariah KCP Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Wardatul Hasanah_E20161060.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Marketing mix atau Bauran pemasaran merupakan suatu cara yang digunakan Perbankan Syari’ah untuk menginformasikan kepada nasabah tentang hal -hal atau aktivitasyang ada dalam perbankan tersebut, yang mana pihak perbankan mempunnyai keinginan lebihcepat sampai kepada konsumen dan tepat sasaran. Fokus penelitian yang diteliti adalah : (1.) Bagaimana implementasi marketing mix pada produk tabungan utama di bank Mega Syariah KCP Jember ? (2.) Apa kekurangan dalam melakukan implementasi marketing mix pada produk tabungan utama di bank Mega Syariah KCP Jember ? (3.) Apa kelebihan dalam melakukan implementasi marketing mix pada produk tabungan utama di bank Mega Syariah KCP Jember ? Tujuan penelitian ini adalah : (1.) Untuk mengetahui implementasi marketing mix pada produkTabungan Utama di Bank Mega Syariah KCP Jember. (2.)Untuk mengetahui kekurangan dalam melakukan marketing mix Tabungan Utama di Bank Mega Syariah KCP Jember. (3)Untuk mengetahui kelebihan dalam melakukan marketing mix Tabungan Utama di Bank Mega Syariah KCP Jember. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1.) Dalam melakukan implementasi marketing mix pada tabungan utama Bank Mega Syari’ah sudah optimal.namun, masih terdapat kekurangan yang perlu ditambahkan dalam memasarkan produk tabungan utama. Produk yang ditawarkan sudah jelas menjadi produk utama pemasaran di Bank Mega Syari’ah adalah tabungan utama. Harga yang diberikan sudah tepat dengan apa yang diberikan Bank Mega Syariah dan tempat yang sudah strategis dekat dengan pusat kota di kawasan pusat perbelanjaan Jember. Promosi yang dilakukan sudah cukup baik untuk mengenalkan produk dan keberadaan Bank Mega Syariah, hanya saja promosi yang dilakukan sudah optimal, namun jumlah funding yang bertugas masih kurang (2.) Kekurangan dalam melakukan marketing mix yang perlu menjadi bahan pertimbangan untuk kedepanya yaitu, masih kurangnya mensosialisasikan ke masyarakat pedesaan untuk mengenalkan produk yang terdapat di Bank Mega Syariah KCP Jember, kurangnya memperluas segmentasi kantor cabang juga menjadi hambatan masyarakat untuk menjadi nasabah di Bank Mega Syariah, serta kurangnya inovasi dalam promosi seperti menyiarkan pada radio atau memasang iklan pada spanduk-spanduk pinggir jalan. (3.) Keunggulannya ada produk yang dijual memiliki manfaat lebih seperti hadiah langsung berupa bantal/boneka, botol, paying, jam dinding dan koper serta keuntungan seperti diskon pada outlet-outlet tertentu pada tabungan utama platinum. Kata Kunci : Implementasi. Marketing Mix, Tabungan Utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 29 Mar 2021 08:03
Last Modified: 30 Mar 2021 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item