TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM ARISAN INDEX SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA KETOWAN KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO)

Syarifah, Lailatus (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM ARISAN INDEX SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA KETOWAN KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO). Undergraduate thesis, UIN kiai Achmad haji Siddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI Lailatus Syarifah watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSRAK
Lailatus syarifah, 2022: Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Arisan Index Secara Online (Studi Kasus Masyarakat Desa Ketowan Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo) Tahun Ajaran 2021/2022

Arisan merupakan fenomena sosial yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia sebagai kegiatan sosial ekonomi yang sering dijumpai dalam berbagai kegiatan masyarakat. Sebagai sebuah alternatif yang telah mendasar di masyarakat. Setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda-beda dalam mengikuti arisan, ada yang bertujuan untuk menabung, bersosialisasi, maupun untuk sekedar berkumpul dengan teman guna menyambung tali silaturrahmi antar satu sama lainnya. Salah satu contoh bentuk arisan yang ada dikalangan Masyarakat yaitu di Desa Ketowan Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo, ialah arisan index secara online. Adapun pelaksanaan dari arisan index ini peserta terdiri dari 10 orang dan peserta tersebut ada yang dari kalangan Masyarakat Desa Ketowan sendiri. Sedangkan admin sendiri dari kota Banyuwangi. Masyarakat ini mengikuti arisan tersebut karena baru mendengar dan praktik yang dilakukannya. Arisan ini dilakukan secara satu bulan sekali, dengan metode salah satu grup di whatsapp dengan pembayaran melalui transfer antar Bank.
Fokus penelitian ini adalah (1)Bagaimana praktik Arisan Dengan Sistem Index Secara Online Di Desa Ketowan Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbdondo?. (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Arisan Index Secara Online Di Desa Ketowan Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo?
Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui Bagaimana Praktik Arisan dengan Sistem Index Di Desa Ketowan Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. (2)Untuk mengetahui Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Arisan Index Secara Online Di Desa Ketowan Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun tektik pengumpulan data mengunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data (data condensation). Penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing).
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan (1) Arisan dengan sistem index secara online ini beranggotakan 10 orang. Yang mana dilakukan secara online melalui akun whatsapp serta pembayarannya bisa melalui transfer Bank. Setiap anggota berhak memilih bulan dan nomor urut berapa yang mereka mau dapatkan, selagi nomor tersebut masih kosong. (2) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan arisan dengan sistem index secara online ini di Desa Ketowan Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo adalah tidak diperbolehkan, karena mengandung unsur riba. Dalam penjelasan arisan dengan sistem index secara online diatas telah dipaparkan sebelumnya bahwasanya sudah jelas dalam praktiknya terdapat pengambilan manfaat.
Kata Kunci: Hukum Islam, Sistem Arisan Index.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Lailatus Syarifah
Date Deposited: 11 Jan 2023 08:29
Last Modified: 11 Jan 2023 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16949

Actions (login required)

View Item View Item