IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN AL-QUR’AN HADITS UNTUK MENINGKATKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA KELAS VIII Di MTs ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN BANYUWANGI

Kholifah, Yeti Nur (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN AL-QUR’AN HADITS UNTUK MENINGKATKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA KELAS VIII Di MTs ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
YETI NUR KHOLIFAH_T20181191.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Integrated Learning dan Kepribadian Muslim
Proses mencapai suksesnya pembelajaran adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Salah satunya integrated learning yaitu model pembelaran yang menggabungkan mata pelajaran akidah akhlak dengan al-qur’an hadits tema berakhlakul karimah menjadikan peserta didik mempunyai pengalaman yang lebih bermakna. Metode yang digunakan oleh oleh guru yakni metode ceramah, diskusi kelompok, dan bermain kuis sehingga membuat suasana didalam kelas menjadi lebih aktif dan tidak monoton.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran integrated learning 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran integrated learning 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran integrated learning pada mata pelajaran akidah akhlak dan al-qur’an hadits untuk meningkatkan kepribadian muslim siswa kelas VIII di MTs Roudhotul Muta’allimin Banyuwangi?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran integrated learning 2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran integrated learning 3) Mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran integrated learning pada mata pelajaran akidah akhlak dan al-qur’an hadits untuk meningkatkan kepribadian muslim siswa kelas VIII di MTs Roudhotul Muta’allimin Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian fenomenologi. Penentuan subjek peneliti menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian adalah: 1)Perencanaan meliputi guru menentukan KD, Menetapkan hasil belajar, menentukan Tema, menghubungkan KD dengan Indikator kedalam tema, membuat RPP 2) Pelaksanaan terdiri pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. 3)Evaluasi pembelajaran guru meliputi, guru melakukan kegiatan penugasan tes tulis, guru melakukan kegiatan tes lisan, guru membuat catatan pribadi dan menilai tentang kepribadian muslim siswa melalui kegiatan keagamaan, dan guru melakukan tiga aspek penilaian meliputi aspek pengetahuan, sikap, keterampilan. Hasil pembelajaran tersebut terdapat perbedaan sikap yang ditandai dengan peserta didik lebih memahami materi, sehingga peserta didik mampu menerapkan perintah (perilaku terpuji) dan larangan (perilaku tercela) Allah berdasarkan al-qur’an dan hadits ke dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yeti Nur Kholifah
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:37
Last Modified: 12 Jan 2023 00:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16952

Actions (login required)

View Item View Item