Jual beli followers instagram menurut undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan kompilasi hukum ekonom syariah

Ms, Maqhfirotul Latifah (2022) Jual beli followers instagram menurut undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan kompilasi hukum ekonom syariah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi Fira FIX acc Watermak-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin maju dan
berkembang memunculkan media baru yang salah satunya yaitu internet, didalam
internet terdapat yang namanya media sosial salah satunya media sosial instagram.
Didalam instagram terdapat fitur yang dinamakan sebagai followers atau biasa
disebut pengikut. Fenomena yang terjadi kebanyakan orang tertarik untuk
mempopulerkan akun mereka dengan tujuan mempunyai jumlah followers yang
banyak karena dengan memiliki jumlah followers yang banyak akan mudah untuk
mereka menaikkan popularitas mereka sebagai selebgram dan mudah untuk
mempromosikan bisnis yang dimilikinya. Hal inilah yang melatarbelakangi
sebagian orang-orang untuk melakukan tranksasi jual beli followers instagram.
Namun juga ada kekhawatiran dari proses jual beli ini, maka dari itu penulis
tertarik unntuk mengkaji lebih dalam tentang jual beli followers instagram ini jika
ditinjau dari segi undang-undang no 11 tahun 2008 tentang infomasi dan transaksi
elektronik, dan dari sudut pandang kompilasi hukum ekonomi syariah.
Focus masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana praktek transaksi jual
beli followers instagram yang banyak ditemukan di dalam transaksi elektronik? 2)
Bagaimana hukum jual beli followers instagram menurut UU No.11 tahun 2008
tentang informasi dan transaksi elektronik dan kompilasi hukum ekonomi
syariah?
Skripsi ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan dan mengetahui praktek
transaksi jual beli followers instagram yang banyak ditemukan di dalam transaksi
elektronik 2) untuk menjelaskan hukum jual beli followers instagram menurut
UU No.11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan kompilasi
hukumekonomi syariah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Dengan menggunakan
metode pendekatan yuridis empiris. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber
data primer dan sumber data sekunder yang diperoleh saat penelitian di aplikasi
instagram. Data penetlitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jual beli followers instagram yang
banyak ditemukan di dalam transaksi elektronik tidak jauh berbeda dengan jual
beli online yang lain yang membedakan mekanisme penambahan followers
dilakukan menggunakan website atau aplikasi tertentu. Hukumnya menurut
pandangan uu no. 11 tahun 2008 tentang ITE dianggap melanggar pasal 26 dan
27, dilihat dari segi kompilasi hukum ekonomi syariah secara rukun dan
syaratnya tidak terpenuhi, dalam hal objek yang dipejualbelikan tidak jelas
status kepemilikan objek tersebut bukan seutuhnya milik penjual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
Depositing User: Ms Maqhfirotul Latifah Putri
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:13
Last Modified: 19 Jan 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16953

Actions (login required)

View Item View Item