Safitri, Ayu (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berupa Majalah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Silo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
AYU SAFITRI_T20189008.pdf Download (13MB) |
Abstract
Kata Kunci :Pengembangan, Bahan Ajar, Majalah.
Bahan ajar memiliki pengaruh besar dalam proses pembelajaran, sehingga perlu adanya bahan ajar inovatif dan kreatif yang dapat menunjang kegiatan belajar peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan peserta didik yang dilakukan di SMP Negeri 1 Silo didapati bahwa bentuk bahan ajar yang digunakan masih belum bervariasi dan belum bisa menarik minat peserta didik untuk belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengembangkan sebuah Bahan ajar yaitu pengembangan Bahan ajar majalah IPS.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana hasil uji kevalidan Bahan ajar Berupa Majalah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Silo Tahun Pelajaran 2021/2022?, 2) Bagaimana hasil uji respon peserta didik terhadap Bahan ajar Berupa Majalah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Silo Tahun Pelajaran 2021/2022?, 3) Bagaimana hasil uji keefektifan Bahan ajar Berupa Majalah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Silo Tahun Pelajaran 2021/2022?. Dan Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil uji kevalidan, uji respon peserta didik dan uji keefektifan Bahan ajar Berupa Majalah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Silo Tahun Pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu :Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan evaluasi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Silo.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa : 1) Bahan ajar majalah IPS dinyatakan layak digunakan dengan presentase kevalidan oleh ahli materi 76% “valid”, ahli media 78,57% “valid”, dan ahli bahasa 90% “sangat valid”. 2) Hasil uji respon peserta didik terhadap majalah IPS didapatkan nilai presentase 89,75% untuk uji skala kecil dan 91,74% Untuk uji skala besar dan keduanya masuk pada kategori “sangat menarik”. 3) Sedangkan untuk hasil uji efektifitas dari nilai pretest 40,80% “sangat kurang efektif” dan postest 83,54% “sangat efektif” sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan majalah IPS. Sehingga majalah IPS efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ayu Safitri Ayu safitri |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 00:42 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 00:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16956 |
Actions (login required)
View Item |