Implementasi Budaya Religius di SMA Negeri 2 Tanggul

akbar, faisol (2022) Implementasi Budaya Religius di SMA Negeri 2 Tanggul. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
FAISOL AKBAR_T20181173 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci :Implementasi, Budaya sekolah, Budaya religius

Terkikisnya semangat religius dan rusaknya nilai-nilai kemanusiaan merupakan kehawatiran para orang tua dan tenaga pendidik terhadap perkembangan moral siswa. Hal ini terjadi karena era globalisasi merupakan era yang sangat bebas. Jika seorang siswa diberikan kebebasan tanpa sebuah batasan atau pendampingan, maka dengan apapun kita berikan sebuah nilai kebaikan jika tidak ada pengontrol atau pembatasan akan menjadi hal yang sia-sia belaka. Sebagai penikmat jasa pendidikan, masyarakat tentunya akan percaya jika lembaga sekolah memiiki kualitas yang baik, dan kualitas yang baik ditunjukkan dengan adanya budaya yang baik. Oleh karena itu SMA Negeri 2 Tanggul menawarkan sebuah konsep tentang budaya sekolah yakni “Budaya religius”. Uniknya, SMA Negeri 2 Tanggul adalah sekolah umum yang menyelenggarakan budaya religius yang dalam hal ini adalah agama Islam
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) bagaimana pelaksanaan Budaya religius di SMA Negeri 2 Tanggul ? 2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanan budaya religius di SMA Negeri 2 Tanggul.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan; 1) untuk memaparkan upaya pelaksanaan budaya religius di SMA Negeri 2 Tanggul dan 2) untuk memaparkan faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan bagi siswa di SMA Negeri 2 Tanggul.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif model interakif yang menganalisis proses pelaksanaan budaya religius di SMA Negeri 2 Tangggul. Uji keabsahan data yang digunakan oleh peneliti adalah trianggulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) budaya religius merupakan budaya yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang cerdas dalam emosional dan cerdas dalam spiritual agama. Kegiatan budaya religius yang dilakukan di SMA Negeri 2 Tanggul adalah; Budaya 3S (senyum, sapa, salam), Membaca yasin dan doa brsama, Budaya (saya malu terlambat), Menuntun kendaraan, Kantin jujur, Shalat dhuha, Shalat jumat, Infaq hari jumat, dan, Kajian islami.; 2) pelaksanaan budaya memliki faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung di SMA Negeri 2 Tanggul adalah adanya sarana prasarana yang baik dan sumber daya manusianya yang berkualitas. Sementara faktor penghambat di SMA Negeri 2 Tanggul adalah beberapa sumber daya manusia yang masih kurang dalam melaksanakan budaya religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr faisol akbar
Date Deposited: 11 Jan 2023 08:42
Last Modified: 11 Jan 2023 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16957

Actions (login required)

View Item View Item