ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DAN PUBLISITAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN EMAS DI PT PEGADAIAN CABANG JEMBER

Fitriawati, Novita Hindy (2022) ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DAN PUBLISITAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN EMAS DI PT PEGADAIAN CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novita Hindy Fitriawati_E20181160.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Novita Hindy Fitriawati, Dr. Khamdan Rifa’i, SE., M.Si., 2022: Analisis Strategi Public Relations Dan Publisitas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Emas di PT Pegadaian Cabang Jember.

Strategi pemasaran adalah sebuah cara yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memasarkan produk dan jasa kepada masyarakat dengan tujuan supaya produk dan jasa tersebut dapat dikenal oleh masyarakat. Publik relations berperan penting terhadap perkembagan suatu perusahaan. Menurut Frank Jefklins strategi public relations salah satu strategi yang harus ada pada perusahaan dan berperan penting karena mampu meyampaikan informasi kepada publik baik internal maupun eksternal yang dilakukan ssecara lisan, tertulis, visual kepada publik dengan harapan memiliki pengertian yang benar terhadap informasi dan tujuan yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Publisitas adalah setiap kegiatan berupa penyiaran atau penyampaian pernyataan yang disampaikan untuk umum dengan menggunakan media perantara salah satunya media masa untuk memperoleh respon masyarakat yang diinginkan
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi pemasaran public relations dan publisitas dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan emas di PT Pegadaian Cabang Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan strategi pemasaran public relations dan publisitas dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan emas di PT Pegadaian Cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatakm kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data dengan, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan yang digunakan yaitu triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa: PT Pegadaian Cabang Jember menggunakan strategi pemasaran promosi public relations dan publistas dalam memasarkan produk tabungan emas dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah nasabah tabungan emas. Melalui public relation PT Pegadaian menerapkan 4 bentuk strategi yaitu strategy of publicity, strategy of persuation, strategy of Image dan strategy of argumentation dimana dari keempat strategi tersebut yang memiliki pengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah tabungan emas. Melalui Strategy of persuation dan image dengan mendapatkan peningkatan jumlah nasabah sekitar 15, dan juga dalam menjalankan strategi publisitas menerapkan 3 bentuk strategi yaitu Pure Publicity, Paid Publicity dan Tie-In publicity dengan meningkatkan jumlah nasabah kurang lebih sekitar 15 nasabah baru.

Kata Kunci: Strategi Public Relations dan Publisitas, Tabungan emas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Novita Hindy Fitriawati
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:10
Last Modified: 19 Jan 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16958

Actions (login required)

View Item View Item