PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WISH A QUESTION (LSQ) KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH KHOLID BIN WALID DUKUH MENCEK SUKORAMBI JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

As'ari M.Pd.I, As'ari (2023) PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WISH A QUESTION (LSQ) KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH KHOLID BIN WALID DUKUH MENCEK SUKORAMBI JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
SKRIPSI SITI MUSFIQOTUL BAHRIA T20181353 .pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Musfiqotul Bahria, 2022: Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode Pembelajaran
Learning Start Wish A Question (LSQ) Kelas VIII di MTs Kholid Bin Walid Dukuh Mencek
Sukorambi Jember Tahun ajaran 2021\2022.
Kata Kunci : Keaktifan siswa, Learning Start Wish A Question.
Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Kholid bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi
Jember, masih ada peserta didik yang bersikap kurang memperhatikan saat proses belajar
mengajar dan ditemukan bahwa kemampuan bertanya peserta didik kurang. Pendidik
menerapkan metode LSQ dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Kholid Bin
Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember, guna membangkitkan semangat siswa dalam
membaca, serta melatih siswa mengemukakan pendapat ide dan gagasan serta melatih siswa
berfikir kritis.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran
aqidah akhlak melalui metode pembelajaran LSQ kelas VIII di MTs Kholid Bin Walid
Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Ajaran 2021/2022 (2) Bagaimana pelaksanaan
pembelajaran aqidah akhlak melalui metode pembelajaran LSQ kelas VIII di MTs Kholid Bin
Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Ajaran 2021/2022 (3) Bagaimana evaluasi
pembelajaran aqidah akhlak melalui metode pembelajaran LSQ kelas VIII di MTs Kholid Bin
Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan (fiel research), Subyek penelitian menggunakan teknik purposive yakni
Kepala Sekolah, Guru aqidah akhlak dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga
cara yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang penulis gunakan
adalah analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari: kondensasi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini mengunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak
melalui metode pembelajaran LSQ yaitu, a) Perumusan tujuan pembelajaran agar siswa lebih
aktif dalam bertanya, tujuan kompetensi siswa. b) Penetapan materi pelajaran tentang adab
terhadap orang tua dan guru c) Pemilihan sumber/media pembelajaran, yaitu papan tulis dan
buku paket Aqidah Akhlak kelas VIII d) Penetapan metode pembelajaran, menggunakan
metode pembelajaran LSQ. 2) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak melalui metode
pembelajaran LSQ yaitu, a) Membuka pelajaran dengan melakukan orientasi, pemberian
motivasi, apersepsi, dan acuan. b) Menyampaikan materi pelajaran tentang adab terhadap
orang tua dan guru. c) Menggunakan metode pembelajaran LSQ sesuai dengan Langkahlangkah d) Menggunakan media/sumber pembelajaran, yaitu papan tulis serta buku paket
Aqidah Akhlak kelas VIII 5) Menutup Pelajaran dengan melakukan refleksi materi, memberi
tugas, doa serta salam. 3) Evaluasi pembelajaran pembelajaran Aqidah Akhlak melalui
metode pembelajaran LSQ yaitu, a) Guru mengevaluasi siswa melalui observasi
menunjukkan sikap aktif siswa dalam berdiskusi b) Mengevaluasi siswa dengan tes objektif
bentuk pilihan ganda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Depositing User: Mis Siti Musfiqotul Bahria
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:18
Last Modified: 18 Jan 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16963

Actions (login required)

View Item View Item