Pengaruh Risiko Kredit Dan Tingkat Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Tahun 2020-2021

Fuadah, Ilmi Naila (2022) Pengaruh Risiko Kredit Dan Tingkat Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Tahun 2020-2021. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ilmi Naila Fuadah_E20183091.pdf

Download (72MB)

Abstract

Ilmi Naila Fuadah, 2022: Pengaruh Risiko Kredit Dan Tingkat Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Tahun 2020-2021.

Profitabilitas adalah kemampuan bank dalam menghasilkan keuntungan melalui penggunaan asset yang dimiliki. Tingkat Kesehatan dan stabilitas bank menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan usahanya. Sedangkan kegiatan pembiayaan merupakan tulang punggung dari kegiatan utama bank yang memiliki risiko kredit macet. Sedangkan tingkat kecukupan modal merupakan kemampuan bank dalam menanggung risiko dari setiap aktiva produktif suatu bank. Sehingga jika penyaluran kredit tidak sejalan dengan stabilnya tingkat kecukupan modal maka akan mempengaruhi profitabilitas dan stabilitas bank.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah risiko kredit memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada bank pembiayaan rakyat syariah tahun 2020-2021. 2) Apakah tingkat kecukupan modal memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada bank pembiayaan syariah tahun 2020-2021. 3) Apakah risiko kredit dan tingkat kecukupan modal memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank pembiayaan rakyat syariah tahun 2020-2021.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh risiko kredit yang diukur dengan non performing financing (NPF) dan tingkat kecukupan modal yang diukur dengan capital adequacy ratio (CAR) terhadap profitabilitas (ROA). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan dengan menggunakan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah bank pembiayaan rakyat syariah yang berada di jawa timur yang terdaftar dalam otoritas jasa keuangan (OJK) tahun 2020-2021. Sumber data menggunakan data sekunder dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil berjumlah 22 BPRS dalam periode 2 tahun sehingga diperoleh 46 jumlah observasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan pengolahan data menggunakan E-Views 12.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara bersama-sama (simultan) variabel risiko kredit (NPF) dan tingkat kecukupan modal (CAR) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Secara parsial variabel risiko kredit (NPF) berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan variabel tingkat kecukupan modal (CAR) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas (ROA).

Kata Kunci: Risiko Kredit, Tingkat Kecukupan Modal, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Ilmi Naila Fuadah
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:18
Last Modified: 13 Jan 2023 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16967

Actions (login required)

View Item View Item