Revitalisasi Strategi BUMDes Berbasis Digital Pada Industri Kreatif Handicraft Di Desa Balung Kulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember

Sahifatul, Mujtahidiah (2023) Revitalisasi Strategi BUMDes Berbasis Digital Pada Industri Kreatif Handicraft Di Desa Balung Kulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sahifatul Mujtahidiah_E20192191.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Sahifatul Mujtahidiah,2022: Revitalisasi Strategi BUMDES Berbasis Digital Pada Industri Kreatif Handicarft di Desa Balung Kulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember
Kata Kunci: Revitalisasi,Digital,Industri Kreatif,BUMDes
Dalam perekonomian Indonesia, UMKM menjadi salah satu sektor usaha yang menunjang terhadap meningkatnya pertumbuhan ekonomi terutama usaha yang dibangun atas dasar kreativitas dan keterampilan yang mempunyai daya saing tinggi. Namun UMKM perlu memiliki legalitas secara kelembagaan untuk proses pengembangannya.BUMDes Karya Mandiri milik pemerintahan Desa Balung Kulon berfokus pada pengelolaan potensi yang ada, seperti kerajinan tangan. BUMDes tidak hanya memanfaatkan potensi yang ada,pemberdayaan juga dilakukan kepada masyarakat desa dengan mengenalkan konsep digital.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1)Bagaimana upaya revitalisasi strategi industri kreatif handicraft Desa Balung Kulon dalam tren digitalisasi? 2) Bagaimana mengatasi hambatan dalam proses revitalisasi strategi industri kreatif handicraft Desa Balung Kulon dalam tren digitalisasi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui upaya revitalisasi
strategi industri kreatif handicraft Desa Balung Kulon dalam tren digitalisasi. 2)
Untuk mengetahui cara mengatasi hambatan dalam proses revitalisasi strategi
industri kreatif handicraft Desa Balung Kulon dalam tren digitalisasi.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus.Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik snowball yaitu memilih satu atau dua orang, tetapi karena data yang diberikan belum lengkap maka peneliti mencari orang lain yang dapat melengkapi data dan diberikan oleh orang sebelumnya.Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1)Upaya revitalisasi strategi industri kreatif desa Balung Kulon dilakukan dengan melakukan hubungan kerja sama yang dibangun atas dasar unsur kepercayaan dari masyarakat desa.Hal tersebut tentunya menjadi bagian dari proses revitalisasi industri kreatif, dimana hubungan sosial dapat menggerakkan partisipasi masyarakat dalam program pembangunan yang berbasis digital.2) Hambatan dari proses revitalisasi industri kreatif seperti kurangnya dukungan dan antusiasme dari masyarakat serta minimnya pemahaman mengenai digital terutama kalangan orangtua. Maka dari upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memberikan sosialisasi secara menyeluruh serta adanya dukungan dari pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Sahifatul Mujtahidiah
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:08
Last Modified: 12 Jan 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16968

Actions (login required)

View Item View Item