Peran Remaja Masjid Darul Ulum Dalam Meningkatkan Partisipasi Kegiatan Keagamaan Generasi Milenial Melalui Komunikasi Interpersonal Di Dusun Congkop Desa Keboan Sikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.

Dwikoni, Dini (2022) Peran Remaja Masjid Darul Ulum Dalam Meningkatkan Partisipasi Kegiatan Keagamaan Generasi Milenial Melalui Komunikasi Interpersonal Di Dusun Congkop Desa Keboan Sikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
DINI DWIKONI-D20181001 (watermark).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi bahwa remaja masjid Darul Ulum belum memahami arti penting komunikasi dalam meningkatkan partisipasi kegiatan keagamaan generasi milenial. Remaja masjid Darul Ulum diharuskan memiliki kemampuan berkomunikasi secara interpersonal kepada generasi milenial guna meningkatkan partisipasi kegiatan keagamaan. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peran remaja masjid Darul Ulum dalam meningkatkan partisipasi kegiatan keagamaan generasi milenial melalui komunikasi interpersonal di dusun Congkop desa Keboan Sikep kecamatan Gedangan kabupaten Sidoarjo? (2) Bagaimana kendala remaja masjid Darul Ulum dalam meningkatkan partisipasi kegiatan keagamaan generasi milenial melalui komunikasi interpersonal di dusun Congkop desa Keboan Sikep kecamatan Gedangan kabupaten Sidoarjo?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan secara mendalam mengenai peran komunikasi remaja masjid darul ulum ulum dalam meningkatkan partisipasi kegiatan keagamaan generasi milenial di Dusun Congkop Desa Keboan Sikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. (2) Mendeskripsikan secara mendalam tentang kendala komunikasi remaja masjid Darul Ulum dalam meningkatkan partisipasi kegiatan keagamaan generasi milenial di Dusun Congkop Desa Keboan Sikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.
Jenis penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara kepada ketua, wakil, sekretaris remaja masjid Darul Ulum dan 7 generasi milenial dusun Congkop. Kemudian analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Peran remaja masjid darul ulum ulum dalam meningkatkan partisipasi kegiatan keagamaan generasi milenial melalui komunikasi interpersonal di Dusun Congkop Desa Keboan Sikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Komunikasi interpersonal yang baik terbentuk dari hubungan interpersonal yang baik. Hubungan interpersonal yang baik didukung sikap positif saat berkomunikasi. Komunikasi yang dilakukan remaja masjid berupa komunikasi langsung (tatap muka) dan komunikasi tidak langsung atau melalui media. Dengan adanya komunikasi interpersonal yang bermakna ditambah dengan hubungan interpersonal yang terjaga dan didukung dengan sikap positif dalam berkomunikasi menjadikan remaja masjid dapat meningkatkan partisipasi kegiatan keagamaan generasi milenial di Dusun Congkop Desa Keboan Sikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. (2) Kendala remaja masjid Darul Ulum dalam meningkatkan partisipasi kegiatan keagamaan generasi milenial melalui komunikasi interpersonal di Dusun Congkop Desa Keboan Sikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo berasal dari pertama, komunikator yaitu kredibilitas komunikator rendah, komunikator kurang memahami latar belakang sosial dan budaya komunikan dan komunikator kurang memahami karakteristik komunikan baik karena perbedaan usia dan tingkat pendidikan. Kedua, Kendala dari komunikan yaitu adanya prasangka buruk, perbedaan persepsi dan komunikasi yang berjalan satu arah.
Kata Kunci: Peran, Partisipasi, Kegiatan Keagamaan, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dini Dwikoni
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:57
Last Modified: 13 Jan 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16970

Actions (login required)

View Item View Item