Strategi Kepala Madrasah Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Tahun Pelajaran 2022/2023

Anggraini, Risa Dwi (2022) Strategi Kepala Madrasah Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISA DWI ANGGRAINI_T20183137.pdf

Download (4MB)

Abstract

Risa Dwi Anggraini, 2022: Strategi Kepala MadrasaH Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah; Pemasaran Jasa Pendidikan
Pemasaran Pendidikan adalah suatu proses transaksi yang dilakukan di Lembaga Pendidikan dengan menawarkan pelayanan dan jasa kepada konsumen. Sebelum memberikan pelayanan kepada pelanggan eksternal, kepala madrasah terlebih dahulu harus memuaskan pelanggan internalnya dengan membina hubungan yang baik kepada para personil pelanggan internal. Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan, minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah tersebut dari tahun ke tahun semakin meningkat.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana perencanaan kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan?: 2) Bagaimana pelaksanaan kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan?: Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan perencanaan kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dati tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pemasaran pendidikan terdiri dari membentuk tim pemasaran, mengatur strategi yang akan digunakan, mempersiapkan bahan pemasaran seperti program yang menarik, teknik dan media. 2) Pelaksanaan pemasaran pendidikan seperti sosialisasi dan pemasangan spanduk di tempat yang strategis dengan bekerja sama dengan masyarakat sekitar, penyebara pamflet di WA 3) Evaluasi pemasaran pendidikan baik evaluasi program maupun evaluasi kelembagaan dilaksanakan secara setiap akhir program dan akhir perencanaan kelembagaan, apakah tercapai atau tidaknya tujuan pemasaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Risa Dwi Anggraini
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:51
Last Modified: 12 Jan 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16977

Actions (login required)

View Item View Item