Problematika sistem pembayaran aplikasi DANA sebagai e-wallet di Indonesia berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah

Mukarromah, Yuni Maulidatul (2023) Problematika sistem pembayaran aplikasi DANA sebagai e-wallet di Indonesia berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq JEMBER.

[img] Text
Yuni Maulidatul Mukarromah_S20182038.pdf

Download (5MB)

Abstract

Saat ini aplikasi e-wallet banyak digunakan oleh masyarakat dalam melakukan suatu transaksi, khususnya transaksi berbasis elektronik. Salah satu aplikasi e-wallet tersebut yaitu aplikasi DANA. Selain memiliki beberapa keunggulan, aplikasi DANA ternyata juga memiliki kelemahan dimana adanya suatu permasalahan yang keluhkan penggunanya dalam menggunakan aplikasi DANA, seperti gagalnya melakukan transaksi dan berkurangnya saldo tanpa adanya persetujuan dari pengguna DANA.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistem pembayaran Aplikasi DANA sebagai e-wallet di Indonesia? 2) Bagaimana analisis sistem pembayaran Aplikasi DANA sebagai e-wallet di Indonesia berdasarkan PBI No.18/40/PBI/2016? 3) Bagaimana analisis sistem pembayaran Aplikasi DANA sebagai e-wallet di Indonesia berdasarkan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis sistem pembayaran Aplikasi DANA sebagai e-wallet di Indonesia. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis sistem pembayaran Aplikasi DANA sebagai e-wallet di Indonesia berdasarkan PBI No.18/40/PBI/2016. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis sistem pembayaran Aplikasi DANA sebagai e-wallet di Indonesia berdasarkan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah.
Dalam menyelesaikan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan empiris dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah jenis analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Bahwa sistem pembayaran pada layanan aplikasi DANA, pengguna harus menyimpan saldo terlebih dahulu dengan melakukan pengisian saldo (top up), Baru kemudian pengguna dapat melakukan transaksi pada aplikasi DANA. Namun ternyata masih banyaknya pengguna DANA yang mengalami problem dalam bertransaksi pada aplikasi DANA akan tetapi oleh pihak DANA tidak segera menindak lanjuti laporan yang dikirimkan penggunanya. 2) Bahwa analisis sistem pembayaran aplikasi DANA berdasarkan Peraturan Bank Indonesia nomor 18/40/PBI/2016 sudah sesuai dengan yang tercantum dalam pasal 2, namun masih belum memenuhi semua aturan dalam pasal 21 yang menjelaskan mengenai diwajibkannya penyelenggara untuk segera melaksanakan pengembalian dana (refund) kepada pengguna Dompet Elektronik. 3) Bahwa analisis sistem pembayaran aplikasi DANA berdasarkan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah termasuk dalam pasal yang berhubungan dengan akad wadi’ah untuk transaksi top up saldo, jual beli untuk transaksi pembelian produk dan sewa (ijarah) untuk transaksi pelayanan jasa.
Kata kunci: Sistem Pembayaran, E-Wallet, Aplikasi DANA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012711 al-Wadi’ah (Penitipan Barang atau Modal)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Yuni Maulidatul Mukarromah
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:03
Last Modified: 13 Jan 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16981

Actions (login required)

View Item View Item