Efektivitas Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2021/2022

Rosita, Dewi (2022) Efektivitas Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
DEWI ROSITA--T20181477.pdf

Download (10MB)

Abstract

Keberadaan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) diharapkan dapat membantu membentuk siswa memiliki daya saing yang tinggi dengan tetap mengamalkan ajaran-ajaran Islam. Tetapi ironinya mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah negeri alokasi waktunya sangatlah sedikit terutama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang notabennya lebih memfokuskan pada masing-masing bidang kejuruan dan ditambah adanya program Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan waktu yang tidak sebentar. Sehingga secara sadar menuntut guru pendidikan agama Islam memilliki strategi yang efektif dan efesien dalam pembelajaran di kelas termasuk mengatur dan mengelola supaya materi yang diajarkan tersampaikan dengan baik dan maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kinerja guru PAI dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya dikelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan analisis data deskriptif. Untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas kinerja guru baik itu dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sama seperti pada umumnya. Hanya saja setelah dilakukan Penilaian Kinerja Guru ternyata dalam pelaksanaan dikelas, ada beberapa kompetensi guru yang perlu untuk diperbaiki seperti dalam penguasaan materi, struktur dan konsep didalam kelas. Maka lembaga memberikan fasilitas kepada guru untuk semakin meningkatkan kinerja mengajarnya dengan program In house Training (IHT).
Kata Kunci: Efektivitas kinerja guru, Pembelajaran Agama Islam, Penilaian Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi Rosita
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:21
Last Modified: 13 Jan 2023 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16983

Actions (login required)

View Item View Item