Analisis implementasi sistem informasi akuntansi pada koperasi pondok pesantren : studi kasus pada Pondok Pesantren Ar-Raudlah Desa Karangrping Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember

Yusri, Yusri (2022) Analisis implementasi sistem informasi akuntansi pada koperasi pondok pesantren : studi kasus pada Pondok Pesantren Ar-Raudlah Desa Karangrping Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YUSRI E20173013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yusri, Ana Pratiwi.: Analisis Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pada Koperasi Pondok Pesantren ( Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Ar-Raudlah Desa Karangrping Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember)
Sebagai salah salah satu penunjang perekonomian Pondok Pesantren, maka kehadiran Koperasi Pondok Pesantren ini tentunya sangat membantu terutama untuk santri dan santriwan Pondok Pesantren itu sendiri, Koperasi Pondok Pesantren merupakan salah satu Koperasi Pondok Pesantren yang ada di Jember. Koperasi Pondok Pesantren ini menawarkan beberapa kebutuhan para santri dan santriwan seperti perlengkapan sekolah dan juga berbagai makanan, minuman yang dapat memudahkan para santri dan santriwan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian ini antara lain sebagai berikut: 1). Bagaimana sistem informasi akuntansi pada koperasi Pondok Pesantren Ar-Raudlah Jember? 2). Bagaimana implementasi sistem informasi akuntansi pada koperasi Pondok Pesantren Ar-Raudlah Jember?
Tujuan dari peneliti ini adalah 1). Untuk mengetahui sistem informasi akuntansi pada koperasi Pondok Pesantren Ar-Raudlah Jember 2). Untuk mengetahui implementasi sistem informasi akuntansi pada koperasi Pondok Pesantren Ar-Raudlah Jember.
Metode yang digunakan dalam penlitian ini menggunakan metode penlitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Tahap-tahap penelitian yaitu tahap pra-lapangan, tahap pelaksanaan, tauahap penyelesaian.
Hasil dari penelitian ini adalah 1). sistem informasi akuntansi pada koperasi Pondok Pesantren Ar-Raudlah Jember Pesantren Ar-Raudlah Jember masih kurang efektif di lihat dari unsur-unsur system informasi akuntansinya. 2). implementasi sistem informasi akuntansi pada koperasi Pondok Pesantren Ar-Raudlah Jember sudah dikatakan efekif karena dalam beberapa implementasi sistem informasi telah menerapkan sistem informasi pembelian dan penjualan yang cukup baik.
Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntasi, Koperasi, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150108 Cost Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr Yusri Yusri
Date Deposited: 12 Jan 2023 09:18
Last Modified: 12 Jan 2023 09:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16984

Actions (login required)

View Item View Item