Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01, Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Fitria, Ayu Eka (2022) Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01, Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayu Eka Fitria T20183012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ayu Eka Fitria, 2022: Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01, Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Kata Kunci: Manajemen pengembangan sumber daya manusia, Jiwa kewirausahaan.

Sumber daya manusia (SDM) adalah aset yang diperlukan dalam organisasi karena SDM mempunyai peran yang penting, sedangkan Pesantren mempunyai peran sebagai wadah pemberdayaan bagi masyarakat sekitar dan santri. Oleh karena itu Pondok Pesantren Al-Hasan 01 mengadakan program pengembangan SDM kepada santri dan bisa diikuti masyarakat sekitar. Program pengembangannya meliputi BLK kopi, kafe, pembuatan tempe dan budidaya cabe.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: Pertama, Bagaimana perencanaan pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01 desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember?; Kedua, Bagaimana pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01 Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember?; Ketiga, Bagaimana evaluasi pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01 desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian adalah: Pertama, untuk mendeskripsikan perencanaan pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01 Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember; Kedua, untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01 Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember; Ketiga, untuk mendeskripsikan evaluasi perencanaan pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01 Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, metode yang penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini diawali dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan berupa: Pertama, Perencanaan pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01, dengan beberapa langkah, dimulai dari: a) analisis kebutuhan b) penetapan sasaran c) penetapan program d) pelaksanaan program e) evaluasi terhadap program. Kedua, Pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan 01, dengan menggunakan metode sebagai berikut: a) metode pelatihan dalam jabatan b) metode magang dan c) Clasroom method. Ketiga, Evaluasi program pengembangan dan pelatihan di Pondok Pesantren Al-Hasan 01, dengan menggunakan medel Kipkpatrick dengan empat level pengevaluasian: a) evaluasi terhadap sikap b) penilaian terhadap pendidikan c) Evaluasi tingkah laku d) evaluasi terhadap dampak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mis Ayu Eka Fitria
Date Deposited: 11 Jan 2023 08:58
Last Modified: 11 Jan 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16991

Actions (login required)

View Item View Item