UPAYA TOKOH AGAMA DALAM MENANAMKAN MODERASI BERAGAMA DI DESA SRIDADI KECAMATAN BUAY MADANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

Heti, Nurbaiti (2023) UPAYA TOKOH AGAMA DALAM MENANAMKAN MODERASI BERAGAMA DI DESA SRIDADI KECAMATAN BUAY MADANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
HETI NURBAITI_D20182022.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Heti Nurbaiti, 2022: Upaya Tokoh Agama Dalam Menamkan Moderasi Beraama di Desa Sridadi Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan.

Kata Kunci : Upaya, Tokoh Agana, Moderasi Beragama

Moderasi beragama berarti cara beragama jalan tengah sesuai pengertian moderasi. Dengan moderasi beragama, seseorang tidak ekstrem dan tidak berlebih-lebihan saat menjalani ajaran agamanya. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa agama tetpai mereka bisa hidup berdampingan dengan rukun dan damai. di Desa Sridadi juga terdapat berbagai agama yang awalnya mereka banyak mengandung konflik dalam kehidupan bermasyarakat , seiring berjalanya waktu mereka dapat hidup berdampingan.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Fokus masalah yang di bahas dalam Skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana Peran Tokoh Agama dalam Menanamkan Moderasi Beragama di Desa Sridadi Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, 2. Apa Saja Hambatan dan tantangan Tokoh Agama dalam Menanamkan Moderasi Beragama di Desa Sridadi Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk Mengetahui Peran Tokoh Agama dalam Menanamkan Moderasi Beragama di Desa Sridadi Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, 2. Untuk Mengeahui hambatan dan tantangan Tokoh Agama dalam Menanamkan Moderasi Beragama di Desa Sridadi Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.
Hasil Dari Penelitian yaitu: 1. Upaya Tokoh Agama dalam Menanamkan Moderasi Beragama di Desa Sridadi, Dalam rangka menerapkan Moderasi Beragama Tokoh agama melakukan berbagai upaya menurut informan sebagai berikut: Membuka Peran Dialog, Musyawarah, Sosialisasi, Kegiatan Sosial. 2. Hambatan- hambatan dan tantangan dalam menanamkan moderasi beragama: hambatan dalam menanamkan moderasi beragama ada dua fakro yakni factor internal dan Eksternal.faktor Internal yakni, wawasan Keagamaan, Sikap Fanatisme, Sarana dan Prasarana Yang kurang memadai. Faktor Eksternal : SDM yang Kurang Memadai, Kurangany Peran Aktif Pemerintah Setempat, pengaruh Media Sosial. Sedangkan tantangan dalam Penaanaman moderasi beragama yakni Munculnya klaim kebenaran atas tafsir agama, Berkemabanganya pemahaamn dan pengamalan keagamaan yang berlebihan melampaui batas dan ekstrem sehingga malaha bertolak belakang dengan esensi ajarana agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mis Heti Nurbaiti
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:51
Last Modified: 13 Jan 2023 00:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16993

Actions (login required)

View Item View Item