Komparasi etos kerja ojek pangakalan dan online kelurahan mangli kecamatan kaliwates kabupaten jember

rohmatus, shofiah (2022) Komparasi etos kerja ojek pangakalan dan online kelurahan mangli kecamatan kaliwates kabupaten jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achamd Siddiq Jember.

[img] Text
ROHMATUS SHOFIAH_E20162102.pdf

Download (45MB)

Abstract

Rohmatus Shofiah, Dr. H. Roni Subhan, M.Pd: Komparasi Etos Kerja Ojek pangkalan dan Online Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Transportasi memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian Ketersediaan jasa transportasi berkolerasi positif dengan kegiatan ekonomi dan pembangunan ekonomi dalam masyarakat. Manusia adalah makhluk bekerja (homo faber) dengan bekerja manusia menyatakan eksistensinya di muka bumi, sebagai makhluk yang punya daya kreatif di atas muka bumi. Islam mengajarkan bahwa, bekerja adalah hal yang mutlak bagi manusia yang ingin mendapatkan rezeki, guna untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekunder. Islam menganjurkan umatnya untuk selalu memiliki etos kerja yang tinggi, Etos kerja Islami yang tinggi dapat diraih dengan jalan menjadikan motivasi ibadah sebagai pendorong utama disamping motivasi penghargaan dan hubungan serta perolehan material. Begitu pula dengan tukang ojek pangkalan dan online masing-masing bekerja dengan etos kerja yang berbeda.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu : 1. Bagaimana penerapan etos kerja oleh ojek pangkalan? 2. Bagaimana penerapan etos kerja oleh ojek online? 3. Bagaimana komparasi etos kerja ojek pangkalan dan ojek online?
Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui penerapan etos kerja ojek pangkalan. 2. Untuk mengetahui penerapan etos kerja ojek online. 3. Untuk mengetahui komparasi etos kerja ojek pangkalan dan ojek online.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Etos kerja ojek pangkalan di implementasikan melalui, kerja keras semaksimal mungkin, memberikan pelayanan terbaik, memiiki solidaitas yang tinggi, dan sangat mencermati waktu ibadah. 2. Etos kerja ojek online di implementasikan melalui, kerja keras yang tinggi, memberikan pelayanan secara cepat dan tanggap melalui aplikasi, solidaritas kurang tinggi karena cenderung individual, dan ojek online kurang mencermati nilai ibadah. 3. Komparasi etos kerja antara ojek pangkalan dan online pertama, terletak pada sistem pelayanan dimana ojek pangkalan menggunakan sistem sederhana sedangkan ojek online menggunakan tekhnologi yang canggih. Kedua, terletak pada solidaritas, ojek pangkalan memiliki solidaritas tinggi sedangkan ojek online solidaritasnya kurang. Ketiga, ojek pangkalan kurang mencermati waktu karena tidak terikat oleh perusahaan bisa bekerja kapan saja, sedangakan ojek online sangat mencermati waktu karena terikat oleh perusahan.

Kata Kunci: Komparasi, Etos Kerja, Ojek Pangkalan, Ojek Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Rohmatus Shofiah
Date Deposited: 11 Jan 2023 09:03
Last Modified: 11 Jan 2023 09:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16994

Actions (login required)

View Item View Item