ANALISIS DISTRIBUSI DANA ZAKAT PRODUKTIF (Studi Kasus Di BAZNAS Bondowoso Pada Program Bondowoso Makmur)

Nur Atika, Azka Imama (2023) ANALISIS DISTRIBUSI DANA ZAKAT PRODUKTIF (Studi Kasus Di BAZNAS Bondowoso Pada Program Bondowoso Makmur). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Nur Atika Azka Imama E20184029.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Nur Atika Azka Imama, Toton Fanshurna. M.E.I. 2022: ANALISIS DISTRIBUSI DANA ZAKAT PRODUKTIF (Studi Kasus Di BAZNAS Bondowoso Pada Program Bondowoso Makmur).

Distribusi adalah suatu proses kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sewaktu dan dimana barang dan jasa diperlukan proses disribusi pada dasarnya menciptakan faedah waktu, tempat dan peralihan hak milik. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, pengertian distribusi adalah pengiriman barang–barang kepada orang banyak dan kebeberapa tempat. Distribusi dibagi menjadi dua konsumtif dan produktif.
Adapun rumusan masalah yang akan diteliti antara lain: 1) Bagaimana proses distribusi dana zakat produktif melalui program Bondowoso Makmur di BAZNAS Bondowoso? 2) Bagaimana dampak distribusi dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Bondowoso melalui program Bondowoso Makmur?
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses distribusi dana zakat produktif melalui program Bondowoso Makmur di BAZNAS Bondowoso. 2) Untuk mengetahui dampak ditribusi dana zakat produktif di BAZNAS Bondowoso melalui program Bondowoso makmur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, dan teknik pengumpula data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dalam skripsi ini antara lain: 1) proses distribusi dana zakat produktif melalui program Bondowoso Makmur di BAZNAS Bondowoso dilakukan dalam dua bentuk yaitu konsumtif dan produktif. BAZNAS Bondowoso lebih mengutamakan kepada zakat produktif terhadap mustahik yang benar – benar membutuhkan bantuan modal usaha dan alat usaha. Yanng berasal dari kalangan menengah kebawah. Tujuan distribusi dana zakat produktif lebih diutamakan karena dapat bermanfaat bagi mustahik dalam mengembangkan usahanya dan memperbaiki kualitas sumber daya manusia. 2) Dampak Dana Zakat Produktif di BAZNAS Bondowoso melalui program Bondowoso Makmur. Sangat bermanfaat bagi mustahik. Karena dana zakat dapat mengubah perekonomian mustahik yang awalnya perekonomiannya menengah kebawah dan saat ini sudah bisa dikatakan menengah keatas. Program Bondowoso Makmur bisa dikatakan efektif, karena dari hasil wawancara bersama mustahik banyak yang menyampaikan bahwa dengan adanya program Bondowoso Makmur sangatlah membantu perekonomian mustahik.

Kata Kunci: Distribusi, Bondowoso Makmur dan Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mis Nur Atika Azka Imama
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:37
Last Modified: 13 Jan 2023 00:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16998

Actions (login required)

View Item View Item