IMPLEMENTASI PSAK 109 DI BAZNAS KABUPATEN PROBOLINGGO

FAQIH, LUKMANUL (2023) IMPLEMENTASI PSAK 109 DI BAZNAS KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUKMANUL FAQIH_E20173045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lukmanul Faqih,Dr.M.F Hidayatullah,M.S.I, Implementasi PSAK 109 Di BAZNAS Kabupaten Probolinggo.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia(DSAK-IAI) yang mengeluarkan peraturan mengenai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan(PSAK) No.109 tentang Akuntansi Zakat, Infak dan Sedekah yang memang perlu diterapkan oleh setiap lembaga/organisasi yang kegiatan utamanya mengelola zakat, infak dan sedekah. BAZNAS Kabupaten Probolinggo salah satu lembaga resmi pemerintah yang mengelola dana zakat, infak dan sedekah yang perlu menerapkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.109 tentang Akuntansi Zakat, Infak danSedekah.
Berdasarkan permalasah yang terjadi diatas, penulis berupaya untuk mengungkapkan dan menganalisisa mengenai Implementasi PSAK 109 Di BAZNAS kabupaten Probolinggo dengan fokus penelitian:1.Bagaimana mekanisme pencatatan laporan dana BAZNAS kabupaten Probolinggo? 2.Bagaimana kesesuaian PSAK 109 dengan pencatatan laporan dana BAZNASkabupatenProbolinggo?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi zakat infak dan sedekah Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Probolinggo dan menganalisis kesesuaian PSAK 109 dengan laporan pencatatan dana BAZNAS Kabupaten Probolinggo.
Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian lapangan menggunakan teknik pengumpulan data: 1. Observasi 2. Wawancara dan 3. Dokumentasi. Serta menggunakan data sekunder dengan studi pustaka untuk memperoleh laporan keuangan dalam melengkapi referensi penelitian ini.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1. Dalam kegiatan penerimaan dan penyaluran zakat infak dan sedekah BAZNAS Kabupaten Probolinggo sudah sesuai dengan PSAK 109 yaitu zakat infak dan sedekah yang diterima diakui sebagai penambah dana ZIS, sedangkan dana ZIS yang disalurkan dihitung sebagai pengurang dana ZIS 2.Dalam perlakuan akuntansi zakat infak dan sedekah tentang pangakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan yang dilakukan di BAZNAS kabupaten Probolinggo sudah sepenuhnya sesuai dengan PSAKNo.109.

Kata Kunci: BAZNAS, Zakat Infakdan Sedekah(ZIS), PSAK No.109

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr Lukmanul Faqih
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:17
Last Modified: 12 Jan 2023 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16999

Actions (login required)

View Item View Item