Firdausi, Adinda Nurmala (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Pola Bilangan pada Siswa Kelas VIII di MTSN 5 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
ADINDA NURMALA FIRDAUSI_T20187007.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci : Make a Match, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika
siswa. Pada proses kegiatan belajar masih menggunakan model pembelajaran
konvensional ceramah sehinga menyebabkan siswa bosan, cenderung pasif dan
mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Selain model pembelajaran yang
membosankan, hasil belajar siswa yang rendah dipicu oleh kurangnya motivasi
siswa dalam belajar matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut
diperlukan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan motivasi serta
hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar tersebut adalah model pembeljaran kooperatif tipe make
a match.
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa
pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional ceramah, 2)
mendeskripsikan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match dan kelas yang menggunakan model
pembelajaran konvensional ceramah, 3) mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar, 4)
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap
hasil belajar, 5) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a
match terhadap motivasi dan hasil belajar secara bersama-sama.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan
pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Post-test Only Control Group Design
yang dilakukan di MTsN 5 Banyuwangi. Dalam penelitian ini menggunakan
teknik Nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah menggunakan dokumentasi, angket dan tes, sedangkan teknik analisis data
menggunakan statistik deksriptif dan statistik inferensial.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa
kelas eksperimen rata-ratanya sebesar 71,05, sedangkan motivasi belajar siswa
kelas kontrol rata-ratanya sebesar 68,00. 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen
rata-ratanya sebesar 73,86 , sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol rata-
ratanya sebesar 61,00. 3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar, hasil uji t dengan
diperoleh nilai sig. sebesar 0,001 sehingga 0,001 < 0,05. 4) Terdapat pengaruh
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil
belajar, hasil uji t dengan diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 sehingga 0,000 < 0,05.
5) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a
match terhadap motivasi dan hasil belajar secara bersama-sama, berdasarkan hasil
uji manova dengan diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 sehingga =0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Miss Adinda Nurmala Firdausi |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 00:46 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 00:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17002 |
Actions (login required)
View Item |